Siapa Khalifah dan Dimana Berdirinya Khilafah?
Cari Berita

Advertisement

Loading...

Siapa Khalifah dan Dimana Berdirinya Khilafah?

Duta Islam #02
Jumat, 02 Agustus 2019
Loading...

Ilustrasi Khilafah. (Foto: istimewa)

Oleh KH Ma'ruf Khozin

DutaIslam.Com - Saudara kita dari Hizbut Tahrir meyakini bahwa Khilafah adalah janji Allah dan Rasul-Nya. Maka kita buka kembali hadis-hadis Nabi tentang dimana berdirinya Khilafah dan siapa Khalifahnya.

Pertanyaan pertama, dimana tempat Khilafah?

Dari beberapa hadis ada 2 negara, yaitu:

- Palestina

يَا ابْنَ حَوَالَةَ! إِذَا رَأَيْتَ الخلافة قَدْ نَزَلَتِ الأَرْضَ المُقَدَّسَةَ فَقَدْ دَنَتِ الزَّلاَزِلُ وَالْبَلاَبِلُ وَالأُمُورُ الْعِظَامُ وَالسَّاعَةُ يَوْمَئِذٍ أَقْرَبُ مِنَ النَّاسِ من يدي هذه من رأسك (حم د ك) عن العرباض.

Nabi bersabda: "Wahai Putra Hawalah! Jika engkau telah melihat Khilafah telah turun di tanah yang suci (Palestina) maka sungguh telah dekat terjadinya gempa, keresahan dan peristiwa besar. Kiamat hari itu lebih dekat kepada manusia dari pada tanganku ke kepalamu" (HR Ahmad, Abu Dawud dan Al-Hakim dari Irbadh)

- Madinah

الخلافة بالمَدِينَةِ والمُلْكُ بالشَّامِ (تخ ك) عَن أبي هريرة.

Hadis: "Khilafah adalah di Madinah dan kerajaan di Syam" (HR Bukhari dalam At-Tarikh dan Al-Hakim dari Abu Hurairah)

Bagaimana dengan negara lain? Monggo yang memiliki dalil hadis silahkan ditambahkan di kolom komentar.

Pertanyaan kedua, siapa Khalifahnya?

Mari kita perhatikan betul-betul dengan seksama beberapa hadis sahih ini dan jangan ditafsirkan dengan keyakinan kelompok sendiri. Tapi yang sesuai dengan teks sabda Nabi:

-1-

كان هذا الأَمْرُ في حمير فَنَزَعَهُ الله مِنْهُمْ وَجَعَلَهُ فِي قُرَيْش وَسَيَعُودُ إِلَيْهِمْ (حم طب) عَن ذي مخمر.

"Dahulu masalah khilafah ini terdapat dalam Kabilah Himyar (di Yaman). Kemudian Allah mencabutnya dari mereka dan Allah jadikan pada Kabilah Quraisy dan kelak akan kembali kepada mereka" (HR Ahmad dan Thabrani dari Dzi Mikhmar)

-2-

لا يزال هذا الأَمْرُ فِي قُرَيْشٍ مَا بَقِيَ مِنَ النَّاسِ اثنان (حم ق) عن ابن عمر.

"Khilafah ini akan terus-menerus berada dalam Suku Quraisy selama ada pemimpin dan yang dipimpin dalam umat manusia" (HR Ahmad, Bukhari dan Muslim)

-3 -

الخلافة فِي قُرَيْشٍ والحُكْمُ فِي الأَنْصارِ والدَّعْوَةُ فِي الحَبَشَةِ والجِهادُ والهِجْرَةُ فِي المُسْلِمِينَ والمُهاجِرِينَ (حم طب) عن عتبة بن عبد.

"Khilafah adalah dalam Kabilah Quraisy. Hukum dalam Sahabat Ansor. Adzan dalam Kabilah Habasyah. Jihad dan Hijrah dalam umat Islam dan Muhajirin" (HR Ahmad dan Thabrani dari Utbah bin Abd)

Sudah sesuaikah perjuangan para Ikhwan dengan dalil-dalil hadis di atas? [dutaislam.com/gg]

Ma'ruf Khozin, Aswaja NU Center Jatim.

Loading...