MUI Minta UAS Ceramah yang Tak Menyinggung Orang Lain
Cari Berita

Advertisement

MUI Minta UAS Ceramah yang Tak Menyinggung Orang Lain

Duta Islam #03
Kamis, 22 Agustus 2019
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Ustadz Abdul Somad. Foto: Istimewa.
DutaIslam.Com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta Ustadz Abdul Somad (UAS) tidak membahas hal yang dapat menyinggung pihak lain.

"Kami tidak dalam rangka menghakimi Ustadz Abdul Somad ya ketika pertemuan itu. Tapi dalam dalam rangka bagaimana supaya ini tidak melebar. Tapi memang ada satu diskusi di internal tadi itu jangan masuk ke wilayah yang sifatnya itu bisa menyinggung orang lain," ujar Ketua MUI Bidang Informasi dan Komunikasi Masduki Baidlowi,(21/08/2019) dikutip dari Detik.com.

Masduki mencontohkan, terkait patung dari hadis yang dibacakan oleh UAS termasuk dalam fikih dan pendapat mengenai hal itu bisa berbeda-beda.

"Soal patung itu, misalnya, soal patung itu yang tadi sudah disampaikan oleh Ustaz Abdul Somad. Itu adalah sebuah hadis. Ternyata kalau dalam kajian Islam hadis itu masuk dalam wilayah fiqhiyah atau yang bisa pendapatnya berbeda antara satu dengan yang lain," ucapnya.

Karena itu, jelas Masduki, MUI menyarankan agar UAS tidak membahas ke ranah yang dinilai masih sensitif. Apalagi yang dapat menyinggung agama lain.

"Nah, persoalan seperti itu kita menginginkan Ustaz Abdul Somad untuk tidak masuk dalam wilayah seperti itu. Apalagi, misalnya, menyinggung persoalan-persoalan ke agama lain. Tapi tadi kan UAS sudah menjelaskan sama penjelasannya seperti yang dikemukakan itu. Ini adalah wilayah internal kita," katanya.

"Karena wilayah internal kita, karena internal kita ya udah, mungkin nanti persoalannya karena ini persoalan hukum ya kita tidak masuk ke wilayah itu, apakah itu masuk wilayah terbuka atau tertutup. Kita tidak masuk ke situ. Fokus kita adalah bagaimana ini bisa meredam nasional bisa kondusif kembali," imbuh Masduki.

UAS sebelumnya sudah menyampaikan lima poin klarifikasi mengenai ceramahnya soal salib yang viral. Salah satu poin klarifikasinya ialah tentang konteks ceramah yang disampaikan untuk menjawab pertanyaan jemaah. Jadi pembahasan mengenai salib itu bukan merupakan tema kajian ataupun topik yang dipilih secara khusus oleh UAS.

"Yang kedua saya sebagai warga negara yang baik, ingin menjelaskan jangan sampai masyarakat menjadi hiruk-pikuk disebabkan oleh isu media sosial bahwa ceramah saya yang diviralkan itu adalah menjawab pertanyaan bukan tema kajian, bukan inti permasalahan karena saya punya kajian di Masjid Agung An-Nur Pekanbaru Riau setiap subuh Sabtu, satu jam materi, setelah itu tanya-jawab ketika itulah ada masyarakat yang bertanya, lalu saya menjawab... maka video itu menjawab pertanyaan," ujar UAS. [dutaislam.com/pin]

Keterangan: Disadur dan diedit dari Detik.com dari berita berjudul 'MUI Minta Ceramah UAS Tak Masuk ke Wilayah yang Bisa Singgung Orang Lain'.

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB