Muhammadiyah Sebut Ucapan Ustadz Somad Termasuk Penghinaan Simbol Agama
Cari Berita

Advertisement

Muhammadiyah Sebut Ucapan Ustadz Somad Termasuk Penghinaan Simbol Agama

Duta Islam #03
Minggu, 18 Agustus 2019

Ustadz Abdul Somad. Foto: Istimewa.
DutaIslam.Com - Sekretaris Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik Pengurus Pusat Muhammadiyah Abdul Rohim Ghazali menilai ucapan Abdul Somad adalah penghinaan simbol agama yang tidak main-main.

"Saya tidak bisa membayangkan jika itu terjadi pada tokoh agama lain yang menghina simbol Islam," kata Rohim kepada Tempo, Ahad (18/08/2019).

"Bisa menjadi gelombang tsunami demonstrasi yang berjilid-jilid, dan pelakunya bisa dituntut hukuman yang sangat berat," sambungnya.

Namun menurutnya, pernyataan Abdul Somad tidak perlu ditanggapi dan diimbau masyarakat dapat mendoakannya.

Rohim mengungkapkan Islam melarang pemeluknya menghina agama lain, apalagi mengolok-olok atau menjelek-jelekkan sesembahannya. Hal ini sebagaimana telah dilarang Allah dalam Al-Qur’an Surat Al-An’am ayat 108.

DPP Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) menilai isi ceramah Abdul Somad meresahkan umat Protestan dan Katholik di berbagai daerah.

Selain diduga menghina kepercayaan umat agama lain, GAMKI menilai ucapan Abdul Somad menjadi bibit tumbuhnya sikap radikalisme dan kebencian terhadap orang yang berbeda agama dan kepercayaan.

Sekretaris Umum Terpilih DPP GAMKI Sahat Martin Philip Sinurat meminta Ustadz Abdul Somad segera memberikan klarifikasi kepada masyarakat, khususnya umat Kristen Protestan dan Katolik di seluruh Indonesia.

Dalam rekaman ceramahnya Ustadz Abdul Somad diketahui membahas tentang Salib yang merupakan simbol dari Agama Kristen. Ustadz Somad mengatakan bahwa di patung Salib terdapat jin kafir. Ungkapan Ustadz Somad tersebut dinilai menistakan agama kristen. [dutaislam.com/pin]

Keterangan: Disadur dan diedit dari Tempo.co dengan judul asli 'Muhammadiyah Sebut Abdul Somad Lakukan Penghinaan Simbol Agama'.


close
Banner iklan disini