Khasiat Pohon Kemangi Untuk Kesehatan Perspektif Islam
Cari Berita

Advertisement

Loading...

Khasiat Pohon Kemangi Untuk Kesehatan Perspektif Islam

Duta Islam #07
Jumat, 30 Agustus 2019
Loading...

Apa itu raihan
Khasiat pohon kemangi untuk kesehatan perspektif islam. Foto: istimewa
Oleh: Agus Mulyono

DutaIslam.Com - Dulu waktu masih mengaji di langgar kampung, seringkali pak kyai (guru ngaji) menyarankan agar sering-sering membaca surat Al-Waqiah setelah shalat subuh, kata pak kyai, dengan istiqomah membaca Surat Al-Waqiah setelah shalat shubuh, maka insyaallah akan luas rejekinya dan dapat menjadi kaya.

Apa yang dikatakan pak kyai, mungkin sangat benar. Dalam diskusi tentang maksud Surat Al-Waqi’ah ayat 88-89 disebutkan:

فَأَمَّا إِنْ كَانَ مِنَ الْمُقَرَّبِينَ

Artinya:
Adapun jika dia (orang yang mati) termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah).(QS. Al-Waqi’ah: 88)

فَرَوْحٌ وَرَيْحَانٌ وَجَنَّتُ نَعِيمٍ

Artinya:
Maka dia memperoleh ketenteraman dan rezki serta jannah kenikmatan”. (QS. Al-Waqi’ah: 89).

Ada kata الرَّيْحَانُ dalam ayat tersebut. Jika kita lihat surat sebelumnya yaitu Surat Ar Rahman ayat 12.

وَالْحَبُّ ذُو الْعَصْفِ وَالرَّيْحَانُ

Artinya:
Dan biji-bijian yang berkulit dan bunga-bunga yang harum baunya” (QS. Ar Rahman: 12).

Imam Muslim meriwayatkan dalam Shahih-nya bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Siapa saja yang diberi raihan, janganlah menolaknya karena ia ringan dan memiliki bau yang harum.”

Apa itu Raihan ?


Menurut para pakar botani Muslim. Raihaan adalah tanaman yang menghasilkan rasa manis atau bau yang harum. Dan jika ditelusuri terus tanaman tersebut maka mengarah pada tanaman ‘basil manis’ atau Ocinum basilicum. Dan sebenarnya kita telah mengenal dan sering mengkonsumsinya yaitu tanaman kemangi (aromanya khas karena mengandung minyak atsiri yang tinggi) yang merupakan turunan dari Ocinum basilicum.

Tidak lengkap rasanya jika menyantap menu lalapan (ayam goreng, bebek goreng, lele, puyuh goreng) tanpa ada kemangi dicobek sambel. Dengan aroma yang khas, makan menjadi lebih bergairah, bermanfaat bagi tubuh, menyehatkan dll.

Banyak manfaat dari tanaman kemangi, antara lain dapat menghilangkan stress dan sakit kepala. Hanya dengan menghirup aromanya (efek aroma terapi) akan membuat kita menjadi lebih tenang, hanya dengan mencium aromanya, kita akan lebih rileks, apalagi dengan mengkonsumsinya.

Manfaat lainnya adalah dapat menguatkan tulang, karena kaya akan kandungan magnesium yang bermanfaat dalam membantu penyerapan kalsium. Kemangi juga dapat melancarkan peredaran darah juga sebagai nutrisi dalam menjaga daya tahan tubuh dll.

Dalam buku ”A Dictionary of Practical Material Medical”, John Henry M. menyebutkan, sari daun kemangi berkhasiat menyembuhkan diare, nyeri payudara, batu ginjal, gangguan pada vagina, dan juga dapat mengatasi albuminaria, yaitu adanya konsentrasi albumin di dalam urin. Daun kemangi terbukti ampuh untuk menyembuhkan sakit kepala, pilek, diare, sembelit, cacingan, dan gangguan ginjal.

Jika tanaman kemangi disuling (akar, batang dan daunnya) maka akan diperoleh minyak atsiri kemangi yang berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan seperti salah cerna, muntah-muntah, infeksi usus, radang lambung, serta gas dalam usus. Juga, gangguan kepala (seperti sakit telinga, demam, sakit saluran hidung, migrain), gangguan otot (kejang-kejang atau kram), dan gangguan saraf (kecemasan, depresi, histeria, lemah saraf, insomia).

Dalam beberapa literature, kemangi juga sangat bermanfaat bagi pria. Senyawa 1-8 sineol dalam kemangi dapat mengatasi masalah ejakulasi prematur. Apigenin fenkhona dan eugenol-nya dapat memudahkan terjadinya ereksi. Sementara zat arginin yang terkandung dalam kemangi bisa memperkuat daya hidup sperma dan mencegah kemandulan.

Jadi ketika kita membaca Surat Al-Waqiah khususnya ketika sampai pada ayat 88-89, maka kemudian kita sadar bahwa ada petunjuk tentang Raihaan (tanaman kemangi), kemudian kita menanamnya, juga memanfaatkan lahan-lahan pekarangan khususnya di desa-desa yang banyak sekali dibiarkan tidak produktif, maka sangat mungkin apa yang dikatakan pak kyai benar, bahwa kita menjadi luas rejekinya dan menjadi kaya.

Sebenarnya yang menonjol dari kemangi bukan pada rasa, tetapi pada aroma, dan pasar dari minyak atsiri kemangi sangat-sangat  luas baik untuk kebutuhan parfum/wangi wangian maupun untuk kebutuhan kesehatan. Maka ini merupakan peluang untuk mandiri bersama Raihaan. [dutaislam/ka]

close
Banner iklan disini