Keutamaan Puasa Sunnah Asyura
Cari Berita

Advertisement

Keutamaan Puasa Sunnah Asyura

Duta Islam #04
Sabtu, 10 Agustus 2019

Penjelasan puasa asyura (sumber: istimewa)
Puasa Asyura atau puasa pada hari kesepuluh bulan Muharram mempunyai keutamaan yang agung. Pasalnya, orang yang berpuasa Asyura akan mendapatkan pahala yang besar.

DutaIslam.Com - Di dalam hadis yang diriwayatkan Abu Qotadah dijelaskan, bahwa orang berpuasa di bulan Muharram pada tanggal 10 (hari Asyura) akan dihapuskan dosa-dosa setahun yang lampau. Tentunya, ini merupakan pahala yang besar dari Allah SWT.

Penjelasan terkait balasan puasa Asyura terekam dengan jelas dari dialog Nabi Muhammad SAW. Pada waktu itu, Rasulullah ditanya tentang keistimewaan puasa Asyura. Kemudian beliau menjawab, menghapus dosa-dosa setahun lalu.

Baca: 5 Amalan Utama di Bulan Muharram

Abu Qotadah Al Anshoriy berkata, "Nabi SAW ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang." Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa Asyura? Beliau menjawab, "Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu." (HR. Muslim no. 1162).

Hadis di atas mempertegas bahwa Rasulullah SAW sangat menganjurkan umat Islam untuk berpuasa pada hari Asyura. Sebab, pahala dan keutamaan puasa Asyura sangat besar.

Meskipun Rasulullah SAW sangat menganjurkan, puasa Asyura hanya bersifat sunnah. Hal itu sebagaimana dikatakan Imam Zakariya al-Anshori di dalam kita Asnal Matholib.

 وَإِنَّمَا لَمْ يجب صَوْم عَاشُورَاءَ لِخَبَرِ الصَّحِيحَيْنِ «إنَّ هَذَا الْيَوْمَ يَوْمُ عَاشُورَاءَ وَلَمْ يُكْتَبْ عَلَيْكُمْ صِيَامُهُ فَمَنْ شَاءَ فَلْيَصُمْ وَمَنْ شَاءَ فَلْيُفْطِرْ»

"Puasa Asyura tidak bersifar wajib berdasarkan hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Imam Muslim, "Sesungguhnya hari ini, hari Asyura tidak diwajibkan atas kamu sekalian berpuasa. Barangsiapa yang ingin berpuasa, maka berpuasalah. Dan barangsiapa yang ingin berbuka, maka berbukalah" (Kitab Asnal Matholib, juz 1, hal, 431)

Baca: Keutamaan Bulan Muharram

Selain keutamaan hari Asyura karena banyak peristiwa penting yang terjadi di hari tersebut. Di antaranya adalah selamatnya Nabi Nuh dari banjar besar, kemenangan Nabi Musa atas Fir'aun dan lain sebagainya. [dutaislam.com/in]

close
Banner iklan disini