Kelakar Kiai Said Soal "Cina NU" Digoreng Demi Hasrat Menghacurkan NU
Cari Berita

Advertisement

Kelakar Kiai Said Soal "Cina NU" Digoreng Demi Hasrat Menghacurkan NU

Duta Islam #03
Jumat, 02 Agustus 2019

Postingan provokatif untuk menghancurkan NU dan Kiai Said. Foto: Tempo.co.
DutaIslam.Com - Demi hasrat menghancurkan NU dan Kiai Said beragam cara dilakukan oleh kelompok pembenci NU. Salah satunya dengan membuat berita hoaks dan penggorengan isu yang serampangan.

Setelah sebelumnya Kiai Said diserang berita hoaks, kali ini kelakar Kiai Said soal "Cina NU" digoreng untuk kepentingan menebar kebencian kepada NU dan Kiai Said.

Baca juga: Hoaks, Kiai Said Anggap Jokowi Imam Mahdi Akhir Zaman

Dikutip dari cek Fakta atau Hoakz Tempo.co, situs jarilangit.com mengunggah sebuah artikel berisi pernyataan Kiai Said tentang situasi politik China, Selasa, 23 Juli 2019. Dalam artikel itu Said Aqil Siradj disebut mengimbau umat Islam agar tidak mengganggu politik China karena China juga NU.

Sejak diunggah, artikel tersebut telah mendapat 14 komentar dan dibagikan ke jejaring sosial Facebook sebanyak 40.700 kali.

Berdasarkan penelusuran fakta Tempo.co, artikel yang diunggah situs jarilangit.com merupakan copy paste tanpa menyebutkan sumbernya. Artikel itu bersumber dari laman detik.com, Senin 6 Juli 2019, dengan judul: Ketum PBNU Imbau Umat Islam Tidak Ganggu Politik China.

Pernyataan Kiai Said tersebut disampaikan setelah pertemuannya dengan Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok untuk Indonesia, Xie Feng, di Kantor PBNU, Jl Kramat Raya, Jakarta Pusat, Senin (06/07/2015).

Pernyataan Kiai Said bahwa China juga NU hanyalah kelakar pada penghujung pernyataannya. Kelakar itu disambut tawa termasuk Xie Feng.

Situs jarilangit.com tidak memuat pedoman pemberitaan media siber sebagaimana peraturan yang telah ditetapkan Dewan Pers bersama komunitas pers Indonesia. jarilangit.com juga tidak mencantumkan alamat kantor maupun struktur redaksi sebagaimana amanah Undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang pers. Pada kolom “tentang kami” hanya tercantum nama-nama kontributor. 

Dengan menggunakan tool who.is, dapat diketahui bahwa domain ini terdaftar pada 22 Januri 2019 atas nama Domain Admin dengan alamat di Yogyakarta. 

Pernyataan jarilangit menggunakan fakta dan data yang benar, namun cara penyampaian atau kesimpulannya keliru serta mengarahkan ke tafsir yang salah. [dutaislam.com/pin]

Keterangan: Disadur dan diedit dari Tempo.co dengan judul asli '[Fakta atau Hoaks] Benarkah Said Aqil Siradj Mengimbau Umat Islam Agar Tidak Mengganggu Politik China Karena China Juga NU?'.


close
Banner iklan disini