Ke Jakarta, KH. Mahrus Aly Lirboyo Langsung Disambut Soekarno. Mengapa?
Cari Berita

Advertisement

Ke Jakarta, KH. Mahrus Aly Lirboyo Langsung Disambut Soekarno. Mengapa?

Duta Islam #01
Sabtu, 17 Agustus 2019

Foto langka, dari kiri: Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kediri KH. Mahrus Aly, Presiden Soekarno, Ketum PBNU KH. Achmad Shiddiq, dst.

Dutaislam.com - Tidak banyak terungkap bukti hubungan dekat antara Presiden Soekarno dengan KH. Mahrus Aly, KH. Ahmad Shiddiq dan tokoh NU lainnya. Hubungan para tokoh biasanya hanya terungkap dalam media massa.

Bukti foto lama terungkap saat salah seorang santri sowan ke KH. Dimyathi Rais Kaliwungu beberapa waktu lalu. Namanya Cak Bram. Ini foto Presiden Soekarno dengan Kiai Mahrus Lirboyo. Baca: Kumpulan Nasihat Bijak Para Syeikh Pengasuh Pesantren Lirboyo (Penting Dibaca)

Menurut Sya'roni Syamfuri, foto di atas mengisahkan saat Kiai Mahrus Aly menghadiri undangan Presiden Soekarno ke Djakarta. "Begitu Pak Presiden mengetahui kedatangan mobil yang membawa Mbah Mahrus Aly tiba, sang Presiden bergegas berlari untuk membukakan pintu mobil sang kiai," tulis Sya'roni.

Presiden mengetahui betul jasa Kiai Mahrus dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan terutama di perang 10 November di Surabaya. Soekarno tahu peran Kiai Mahrus memimpin Batalyon Gelatik yang menjadi embrio Kodam Brawijaya sekarang.

Soekarno mengetahui betul NKRI ini adalah ijtihad dan jihad para kiai pendahulu, "pantaskah bagi kita para santri yang berharap luberan berkah mereka untuk merubah NKRI? Tentu tidak," tulis Sya'roni dalam akun Facebooknya. [dutaislam.com/ab]

close
Banner iklan disini