Inilah Lafadz Doa Akhir Tahun
Cari Berita

Advertisement

Inilah Lafadz Doa Akhir Tahun

Duta Islam #04
Senin, 12 Agustus 2019
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Bacaan doa akhir tahun (sumber:istimewa)
Menjelang akhir bulan Dzulhijjah, umat Islam senantiasa membaca doa akhir tahun. Doa akhir tahun dibaca setelah melaksanakan ibadah shalat Ashar.

DutaIslam.Com - Membaca doa akhir tahun sebagai pertanda bergantinya tahun dengan harapan selalu dalam lindungan Allah SWT. Doa akhir tahun memuat beragam permintaan agar dosa-dosa yang telah lalu mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

Selain itu ketika berdoa akhir tahun, umat Islam meminta agar apa yang telah dilakukan mendapatkan ridha Allah SWT. Sehingga di akhir bulan Dzulhijjah, mereka memanfaatkan momentum akhir tahun dengan doa sebagai bentuk kepasrahan tertinggi kepada Allah.

Baca: Keutamaan Bulan Muharram

Di dalam kitab fasholatan, Kiai Sakhowi Amin Pekalongan menjelaskan bahwa ketika orang yang membaca doa akhir, syaithan akan merasa rugi. Karena, apa yang telah dilakukannya selama setahun menjadi sia-sia. Doa akhir tahun dibaca sebanyak tiga kali.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَلَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلُمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدِ جُرْأَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَللًّهُمَّ يَا كَرِيْمُ يَاذَا الْجَلَالِ وَالإِكْرَامِ أَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ. وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.

Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini, termasuk melakukan hal-hal yang Kau larang, tidak Kau ridhai serta Kau tidak lupa. Sementara aku belum sempat bertobat. Karena kemurahanMu,  perbuatanku Kau ampuni, padahal Engkau mampu menyiksaku. Dan Engkau menyerukan bertobat setelah aku berani berbuat maksiat kepadaMu.

Tuhanku, aku memohohon ampunanMu atas segala yang telah kulakukan dan menjadikannya termasuk apa yang Engkau ridhai dan perbuatanku yang terjanjikan pahalaMu.

Baca: 5 Amalan Utama di Bulan Muharram

Tuhanku, Maha Pemurah dan Maha Agung, aku berharap Kau Menerima segala perbuatanku dan janganlah putuskan harapanku. Wahai dzat yang maha pemurah.

Demikianlah lafazd doa akhir tahun yang biasa dipanjatkan umat Islam di akhir bulan Dzulhijjah. Semoga doa akhir tahun tersebut menjadi wasilah meraih ridha dan rahmat Allah SWT [dutaislam.com/in]
Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB