Inilah Doa Awal Tahun Beserta Terjemahnya
Cari Berita

Advertisement

Loading...

Inilah Doa Awal Tahun Beserta Terjemahnya

Duta Islam #04
Senin, 12 Agustus 2019
Loading...

Bacaan doa awal tahun (sumber: istimewa)
Berakhirnya bulan Dzulhijjah menandakan pergantian tahun dalam penanggalan hijriyah. Awal Muharram merupakan masuknya tahun baru dalam Islam.

DutaIslam.Com - Perayaan pergantian tahun baru hijriyah berbeda dengan perayaan pergantian tahun masehi. Di dalam perayaan tahun baru hijriyah, umat Islam merayakannya dengan membaca doa awal tahun bersama-sama. Ada yang membaca doa awal tahun di masjid, mushola atau rumah.

Baca: Inilah Lafadz Doa Akhir Tahun

Pembacaan doa awal tahun sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT agar pergantian tahun tersebut menjadi babak baru dalam meningkatkan ibadah kepada-Nya. Dengan harapan, ibadah di tahun yang akan berjalan secara kualitas atau kuantitas bertambah lebih baik lagi.

Kiai Ahmad Sakhowi Amin Pekalongan di dalam kitab Fasholatan mengatakan, orang yang membaca doa awal tahun akan senantiasa dijaga oleh dua malaikat. Sehingga, ia terhindar dari godaan-godaan syaithan yang terkutuk.

بسم الله الرحمن الرحيم. وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَمِيْمِ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه وَجُنُوْدِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ يِاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Dan atas karunia-Mu yang besar, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan syaithan, para kekasih syaithan dan bala tentaranya di tahun ini.

Baca: Keutamaan Puasa Sunnah Asyura

Aku pun memohon pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat serta memohon kepada-Mu agar disibukkan dengan amal perbuatan yang mendekatkan kepada-Mu, wahai dzat pemilik kebesaran serta kemuliaan dan wahai dzat yang maha pemurah.

Demikian lafadz doa awal tahun. Doa ini dibaca sebanyak tiga kali setelah shalat maghrib pada tanggal satu Muharram. Semoga dengan membaca doa awal tahun, kita semua dimudahkan menuju jalan kebaikan dunia dan akhirat. [dutaislam.com/in]
Loading...