Ini Pesan Terakhir Mbah Moen Kepada Cucu Mbah Hasyim Asy'ari
Cari Berita

Advertisement

Loading...

Ini Pesan Terakhir Mbah Moen Kepada Cucu Mbah Hasyim Asy'ari

Duta Islam #01
Selasa, 06 Agustus 2019
Loading...

Gus Zaki (kiri) dan Gus Afif (kanan) saat sowan terakhir ke Mbah Moen di Makkah pada Senin malam, 5 Agustus 2019.

Dutaislam.com - Sebelum wafat di Makkah di usia 91 tahun pada 6 Agustus 2019, KH. Maimoen Zubair (Mbah Moen) dikabarkan sudah pamit kepada beberapa orang sebelum beliau berangkat haji.

Menurut cerita Gus Zaki Hadziq, cucu Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari, Mbah Moen sempat berkenan memberikan waktu bertemu Gus Afif setelah dijdawalkan oleh khadam Mbah Moen, Senin malam (05/08/2019) sekitar pukul 21.00 waktu KSA.

"Saya beserta rombongan 7 orang sampai di kamar hotel yang menurut saya, cukup sederhana untuk ukuran Mbah Moen," terang Gus Zaki, Selasa (06/08/2019) pagi.

Saat itu, Mbah Moen masih sare (tidur) sehingga rombongan Gus Zaki harus bersabar agar tidak mengganggu istirahat Mbah Moen.

Setelah Gus Zaki berkirim surat Al-Fatihah, Mbah Moen tiba-tiba bangun. "Umur di atas 80 tahun, wis susah, opo maneh aku, 91 tahun," kata Mbah Moen, yang kemudian bercerita tentang kelahirannya tahun 1928 yang ditunggui langsung oleh KH. Hasyim Asy'ari.

Saat rombongan Gus Zaki memohon barakah do'a, Mbah Moen sempat meneteskan air mata. Terdengar isak tangis kecil di tengah Mbah Moen mendoakan rombongan sowan Gus Zaki dan Gus Afif. Dan sempat pula meminta maaf karena Mbah Moen tidak memberikan suguhan.

"Bahkan ketika saya pamit dan akan memberikan titipan dari kawan-kawan, beliau dawuh 'pun tho, mboten usah ngeten kiai'," terang Gus Zaki, yang langsung clegukan kaget karena tidak pernah dipanggil kiai.

Betapa kaget di pagi harinya ada kabar Mbah Moen wafat, dan usai luhur hari ini, dimakamkan di kompleks makam Ma'la, dekat dengan maqbarah Sayyidah Khadijah Al-Kubra ra., istri Rasulullah Saw., serta dekat dengan maqbarah Sayyid Alawi Al-Maliki, Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki dan Habib Salim As-Syathiri.

"Barangkali, kami adalah orang terakhir yang mendapat doa barakah dari beliau," pungkas Gus Zaki. Selamat jalan Mbah Moen. Allah mencintaimu, ya syaikh. Kerinduanmu untuk wafat di Makkah pada Hari Selasa musim haji dipenuhi oleh Allah Swt. Alfatihah! [dutaislam.com/ab]

Loading...