Alternatif Baru Belajar Membaca Qur’an
Cari Berita

Advertisement

Loading...

Alternatif Baru Belajar Membaca Qur’an

Duta Islam #06
Jumat, 16 Agustus 2019
Loading...

bisaqurancom menawarkan metode baru membaca alquran
Metode membaca Al-Quran BisaQuran.com.

Dutaislam.com - Belajar membaca Qur’an adalah salah satu hal yang sangat penting bagi seorang muslim. Mengapa? Tentu saja karena Qur’an adalah panduan hidup kita semua. Kitab suci terakhir yang Allah turunkan melalui Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, yang menjadi panduan hidup kita dan lebih dari 1.8 milyar muslim yang sedang menghuni dunia kita saat ini.

Dengan bisa membacanya maka kita telah maju satu langkah untuk mengenal dan mempelajari lebih dalam kitab suci kita yang tercinta tersebut. Sayangnya sebagai orang Indonesia yang tidak memakai bahasa Arab dalam keseharian, hal tersebut bukanlah hal yang alami sebagaimana kita diajari untuk berbicara dan menulis oleh kedua orangtua.

Untuk bisa membaca Qur’an kita memerlukan pelajaran tambahan agar kita bisa mengenal dan membaca huruf-huruf hijaiyyah. Alhamdulillaah, hal tersebut bukanlah sebuah kendala yang berarti, karena di Indonesia banyak sekali metode untuk membaca Qur’an yang dapat kita pilih dan kita pelajari. Mulai dari yang paling tua seperti metode Baghdadiyah, yang populer seperti metode Iqro, yang seru seperti metode Ummi, semua memiliki ciri khas tersendiri. Termasuk salah satu metode belajar baca Qur’an dari nol yang baru muncul: Metode Bisa Quran.

Metode BisaQuran
Metode BisaQuran adalah salah satu metode belajar Qur’an yang menggabungkan antara Metode as-Sahl yang diciptakan oleh Ust. Megah Tinambun, dengan penjelasan audio visual oleh team BisaQuran.com.

Kelebihan metode BisaQuran, adalah sesuai nama dari metode dasarnya, as-Sahl, yang berarti mudah, memiliki ciri khas gampang dimengerti bahkan oleh mereka yang belum pernah belajar baca Qur’an sekalipun.

Kemudahan ini diraih dari adanya sistem "cantolan/pengaitan" bentuk huruf hijaiyyah dengan bentuk benda yang umum kita temui sehari-hari. Misalnya, untuk menghapal huruf ra’ (ر) dan zai (ز) maka pelajar akan diingatkan kepada bentuk pisang. Ini membuat para pelajar lebih mudah menghafalkan berbagai huruf hijaiyyah dikarenakan adanya efek visual dan efek seru yang dirasakan saat belajar.

Tidak hanya itu, untuk mempermudah pelajar dan memahami materi yang disampaikan di dalam buku paket Metode BisaQuran, maka disediakan pula video pembelajaran dalam bentuk streaming/download.

Videonya tersedia bagi mereka yang telah membeli buku pelajarannya, dan bisa dinikmati serta dipelajari sesuai kesempatan yang tersedia oleh masing-masing pelajar. Ini membuat proses belajar menjadi lebih fleksibel karena dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun, juga lebih efektif karena tidak membutuhkan waktu dan dana lebih. Sangat menarik dan mudah sekali belajar membaca Qur’an dengan metode BisaQuran ini, insyaaAllah.

Akan tetapi semua metode membaca Qur’an selain memiliki kelebihan juga memiliki kekurangan. Untuk metode BisaQuran, sejauh ini masih berupa metode belajar satu arah sehingga ketepatan bacaan pelajar belum bisa diukur.

Untuk mengatasinya, team BisaQuran insyaaAllah akan segera meluncurkan kelas online dua arah, sehingga para pelajar selain bisa belajar juga bisa menyetorkan bacaannya untuk dikoreksi para ustadz yang berkompeten sehingga tidak salah dalam membaca. Mari kita tunggu saja tanggal launching kelas online dari Metode BisaQuran tersebut.

Tertarik tahu lebih lanjut? Silakan langsung datang ke website bisaquran.com untuk mengetahui informasi lebih lanjut. Atau kalau sudah bisa membaca Qur’an, bisa lanjut ke situs tafsirweb.com untuk belajar lebih jauh tentang tafsir al-Qur’an. Untuk yang terakhir ini, mudah-mudahan dapat kami review di lain waktu. [dutaislam.com/uf/adv]

close
Banner iklan disini