8 Pesugihan Dunia Untuk Bekal Akhirat
Cari Berita

Advertisement

Loading...

8 Pesugihan Dunia Untuk Bekal Akhirat

Duta Islam #07
Minggu, 25 Agustus 2019
Loading...

pesugihan dunia akhirat
Pesugihan dunia akhirat. Foto: istimewa
DutaIslam.Com - Umumnya manusia hidup di dunia, membutuhkan yang namanya harta duniawi.  Karena tidak terlepas dari hubungan sesama dan tak lepas  untuk makan dan minum dan juga beberapa aktifitas-aktifitas yang lain.

الدنيا مزرعة الآخرة
Artinya:
Dunia adalah ladang akhirat.

Begitulah sabda Nabi yang indah. Dan dunia adalah sangu untuk nanti di akhirat. Maka ada satu keterangan bahwa sesungguhnya sebaik-baik harta adalah yang dipegang oleh orang sholih. Mengapa kok bisa demikian? Karena jika dipegang oleh orang sholih dibangunkannya pondok pesantren, disedekahkan kepada fakir miskin, kepada orang-orang janda, kepada orang-orang yang papa dan kepada orang-orang yang berhak, dibuat bangun yayasan, dibuat bangun perkara-perkara yang mengarah pada kebaikan.

Begitu juga dunia akan menjadi jelek jika dipegang oleh orang yang jelek. Kok bisa begitu? Iya, dengan dia memiliki harta maka dibukalah pelacuran Wal 'Iyadzu Billah.. maka dibukalah toko khomer.. maka dibukalah tempat-tempat kemaksiatan.. dibukalah hal-hal yang dilarang oleh agama, dilarang oleh Allah SWT.. dan jadilah harta tersebut menjadi harta yang jelek.. maka sepatutnya kita sebagai santri, sebagai tholibul ilmi, sebagai hamba Allah maka patut juga  untuk mendapatkan dunia dengan sebanyak-banyaknya. Agar apa? Agar kebaikan semakin makmur, agar kebagusan semakin merata.

Baca: KH Masduqie Mahfudz: Berkat Shalawat, Semua Permintaan Dituruti

Ini adalah sebuah amalan yang dinukil dari Kitab "   جلب الرزق  " karangan dari pada Imam Jalaluddin As Suyuti, ulama' kenamaan yang menyusun kitab Tafsir Jalalain.
Barang siapa mengamalkan ini insya Allah akan dipermudahkan urusan duniawinya juga akheratnya.

1.   "Barang siapa yang diberikan nikmat oleh Allah, maka perbanyaklah الحمد لله. Dan barang siapa yang banyak melakukan dosa, maka mintalah ampun dengan membaca istighfar. Dan barang siapa yang sulit rizkinya. perbanyaklah membaca
 لا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم.

Begitu yang diriwayatkan oleh Imam Ath-Thobroni.


2. Didalam riwayat lain disebutkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal, juga Abu Dawud, Ibnu Majah dari Ibnu Abbas R.A. bahwa Rasulullah SAW bersabda;

من لزم الإستغفار جعل الله له من كل ضيق فرجا ومن كل هم مخرجا ورزقه من حيث لا يحتسب

"Barang siapa yang senantiasa melazimkan istighfar, maka Allah SWT akan mejadikan setiap kesusahannya kebahagiaan. Setiap kebingungannya diberikan jalan keluar. Dan rizkinya datang secara tidak disangka-sangka.

Jika kita hanya mengandalkan kerja saja ya tidak akan cukup, DPR ,MPR, bahkan Presiden gajinya dalam satu bulan tidak sampai 100 juta. Bonusnya itu yang dinanti-nantikan. Dan termasuk cara mendapatkan bonus plus-plus adalah  melazimkan istighfar.

Disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW tidak melewati  harinya kecuali sudah membaca istighfar minimal 70 kali Shollallohu 'Alaihi Wasallam.

3. Ada lagi riwayat dari ibnu Abi ad-Dunya bahwa sesungguhnya Nabi bersabda;

من قال لا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم مائة مرة في كل يوم لم يصبه فقرا أبدا

"Barang siapa yang senantiasa membaca  :

لا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم

Membaca seratus kali, maka dia tidak akan terkena fakir untuk selama-lamanya".

Pesugihan Dunia Akhirat


4. Diriwayatkan oleh Abu Ubaid, Harits, Abu Ya'la, dan juga yang lain bahwa Rasul SAW pernah bersabda;

من قرأ سورة الواقعة كل ليلة لم تصبه فاقة

"Barang siapa yang senantiasa malamnya membaca waqiah tidak akan pernah terkena kefakiran"

Karena waqiah itu surat kekayaan. Didalam sabdanya.

سورة الواقعة سورة الغنى فاقرؤوها وعلّموها أولادكم

"Sesungguhnya surat waqiah itu adalah surat kekayaan, maka bacalah dan ajarkanlah kepada anak-anak kalian".

Ini adalah tips dari Rasulullah SAW. Jika dokter menyarankan untuk disuntik pada penderita sakit panas, maka kita percaya. Mengapa yang disuntik bukan kepalanya kok malah pantatnya. Begitu juga Rasul SAW bersabda;

"Barang siapa yang tidak ingin menjadi faqir selamanya bacalah surat waqiah". Padahal surat waqiah adalah maknanya qiyamat.

5. Ada lagi diriwayatkan dari Abu Nu'aim dan Khotib. Rasul SAW bersabda;

من قال في كل يوم مائة مرة لا إله إلا الله الملك الحق المبين كان له أمانا من الفقر وأنسا من وحشة القبر

Artinya:
"Barang siapa yang membaca setiap hari 100 kali لا إله إلا الله الملك الحق المبين, maka dia akan aman dari kefakiran (tidak akan tertimpa kefakiran) dan akan diberikan naungan, diberikan kesenangan dikuburnya nanti"


6. Riwayat dari Imam Ath-Thobroni dari Imam ibnu Mas'ud bahwa Rasul SAW bersabda;

من قراء قل هو الله أحد حين يدخل منزله نفت الفقر عن اهل ذالك المنزل والجيران

Artinya:
"Barang siapa yang akan masuk rumah dia membaca قل هو الله أحد maka tidak akan terkena fakir keluarganya dan juga tetangganya".

Maka kita membantu tetangga dengan hal yang terlihat remeh seperti ini.

7. Termasuk dari pada cara agar supaya kita tidak menjadi orang-orang yang susah dan gelisah , sebuah riwayat dari Ahmad bin Abi Ka'ab bahwa dia datang kepada Rasulullah SAW dengan riwayat yang panjang hingga berakhir pada "Wahai Rasul kalau begitu dalam hariku akan aku habiskan dengan pembacaan sholawat, kemudaian Rasul SAW menjawab: "Kalau begitu Allah SWT akan memudahkan urusan duniamu dan juga urusan akhiratmu". Maka perbanyaklah sholawat agar hidup semakin nikmat.

8. Diriwayatkan oleh Imam Bukhori dari Kitab Adabul Mufrod bahwa sesungguhnya Rasul SAW bersabda (menceritakan Nabi Nuh A.S.) "Nabi Nuh 'Alaihis Sholatu Wassalam ketika hendak wafat ia berkata kepada kedua putranya "Wahai anakku, Bacalah لا إله إلا الله dan سبحان الله karena sesungguhnya hal itu adalah sholatnya tiap-tiap seseuatu dan karena inilah semua yang ada diberikan rizki.

Baca: 5 Tips Anti Galau Dan Sedih

Riwayat lain, bahwa Rasulullah SAW bersabda;

ألا أمركم بما امر به نوح ابنه ان يقول سبحان الله وبحمده فان كل شيئ يسبح بحمده وهي صلاة الخلائق وبها يرزقون

"Apakah engkau mau aku perintahkan dengan apa yang diperintahkan Nabi Nuh kepada anaknya, yaitu membaca سبحان الله و بحمده karena sesungguhnya semua yang ada di langit dan di bumi itu bertasbih dengannya dan itu adalah sholatnya para makhluk dengan tasbih itu pun mereka diberikan rizki".

Semoga senantiasa kita membaca istighfar dan shalawat-shalawat kepada baginda Rasul. [dutaislam/ka]

Ahmad Zainuddin Bad
AnNur II Bululawang Malang.

close
Banner iklan disini