Usulan Dahnil Soal Habib Rizieq Jadi Syarat Rekonsiliasi Dianggap Aneh dan Salah Kaprah
Cari Berita

Advertisement

Loading...

Usulan Dahnil Soal Habib Rizieq Jadi Syarat Rekonsiliasi Dianggap Aneh dan Salah Kaprah

Duta Islam #03
Jumat, 05 Juli 2019
Loading...

Jubir BPN Prabowo Dahnil Azhar Simanjuntak. Foto: Istimewa.
DutaIslam.Com - Kubu Jokowi tidak habis pikir dengan usulan Juru Bicara BPN Prabowo, Dahnil Azhar Simanjuntak, yang mensyaratkan kepulangan Habib Rizieq sebagai proses rekonsiliasi politik setelah Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019. Kubu Jokowi menilai usulan Dahnil salah kaprah karena rekonsiliasi politik dipahami untuk negosiasi kasus hukum.

"Rekonsiliasi politik kok dipahami dengan maksud untuk negosiasi kasus hukum. Ini semakin salah kaprah. Hukum harus ditegakkan kepada siapa saja tanpa terkecuali," ujar Ketua DPP Partai Golkar Bidang Media dan Penggalangan Pendapat Ace Hasan Syadzily, Jumat (05/07/2019), dikutip dari Tempo.co.

Selain itu, Ace menganggap, usulan Dahnil aneh. Ace menegaskan bahwa rekonsiliasi bukanlah bagi-bagi kursi. Apalagi negoisasi kasus hukum.

"Kalau persoalan hukum, kita harus pisahkan dengan politik. Proses hukum biarlah menjadi ranah hukum, jangan diintervensi persoalan politik," ujar Ace.

Dahnil sebelumnya menilai bahwa rekonsiliasi politik harus disertai dengan berhentinya kriminalisasi terhadap para pendukung Prabowo. Dahnil kemudian menganggap bahwa kepulangan Habib Rizieq ke tanah air adalah bagian dari rekonsiliasi politik itu.

"Ini pandangan pribadi saya, bila narasi rekonsiliasi politik mau digunakan, agaknya yang paling tepat beri kesempatan kepada Habib Rizieq kembali ke Indonesia," ujar Dahnil melalui akun Twitternya, Kamis (04/07/2019).

Sebagaimana diketahui, Habib Rizieq sampai sekarang masih berada di Mekkah, Arab Saudi, sejak terjerat kasus chat mesum. Kasus tersebut sudah dihentikan pada Juni 2018. Namun, Habib Rizieq tak kunjung kembali ke Indonesia.

Sementara Prabowo dalam sejumlah kesempatan berjanji akan menjemput Rizieq ke Mekkah jika dirinya terpilih sebagai Presiden RI 2019-2024. Namun, janji Prabowo secara tidak langsung kandas karena gagal menjadi presiden. [dutaislam.com/pin]

Keterangan: Data diolah dari Tempo.co dari berita berjudul 'Kubu Jokowi Tanggapi Soal Rizieq Shihab Jadi Ketentuan Rekonsiliasi'.



close
Banner iklan disini