Urutan Keutamaan Hewan untuk Berkurban
Cari Berita

Advertisement

Loading...

Urutan Keutamaan Hewan untuk Berkurban

Duta Islam #04
Kamis, 25 Juli 2019
Loading...

Penjelasan urutan hewan untuk berqurban (sumber: istimewa)
Setiap umat Islam berkenginan melakukan yang paling utama dalam beribadah. Termasuk di dalamnya ketika hendak melaksanakan ibadah qurban.

DutaIslam.Com - Ibadah qurban yang dilakukan setiap setahun sekali menjadi dorongan tersendiri bagi umat Islam untuk mempersembahkan hewan qurban yang terbaik. Hal itu dilakukan agar mendapatkan keutamaan yang besar dari ibadahnya.

Dalam pemilahan hewan untuk berqurban juga sangat diperhatikan. Setiap muslim pasti berkeinginan berqurban dengan hewan yang kualitas dan jenis yang bagus.

Baca: Berqurban dengan Hewan yang Pelirnya Terputus

Hewan yang diperbolehkan untuk berqurban diantaranya adalah unta, sapi, kerbau dan kambing. Berqurban dengan unta, sapi dan kerbau cukup untuk tujuh orang. Sedangan kambing cukup untuk satu orang

Pun demikian, jenis kambing untuk berqurban sangat bervariatif. Ada kambing Jawa, ada kambing Garut dan ada pula kambing Gibas. Lantas, binatang manakah yang lebih utama untuk berqurban?

Dalam kitab al-Minhaj Qowim dijelaskan, berqurban yang paling utama dianjurkan dengan untu kemudian sapi dan terakhir dengan kambing.

( وأفضلها بدنة ثم بقرة ثم ضائنة ثم عنز ثم شرك من بدنة ) ثم من بقرة لأن كلا مما ذكر أطيب مما بعده أي من شأنه ذلك ( وسبع شياه ) من الضأن أفضل من سبع من المعز وسبع من المعز ( أفضل من البدنة ) لازدياد القربة بكثرة الدماء المراقة ( وأفضلها ) من حيث اللون ( البيضاء ثم الغبراء ) وهي التي لا يصفو بياضها ( ثم البلقاء ) وهي ما بعضها أبيض وبعضها أسود ( ثم السوداء ثم الحمراء ) هذا ضعيف والذي قاله الماوردي أن الحمراء قبل البلقاء والتفضيل في ذلك قيل للتعبد وقيل لحسن المنظر وقيل لطيب اللحم

"Paling utamanya berqurban adalah unta, lalu sapi dan urutan berikutnya adalah kambing domba. Kemudian, urutan selanjutnya adalah kambing Jawa. Lalu disusul qurban atas nama persekutuan banyak orang dengan unta dan seterusnya. Urutan keutamaan qurban tersebut diawali dengan unta karena daging masing-masing ternak diatas lebih nikmat dibanding dengan daging ternak setelahnya.

Baca: Ini Kriteria Hewan yang Boleh untuk Berqurban

Sedangkan untuk jenis kambing sendiri, yang lebih utama kambing domba kemudian kambing Jawa. Jika seseorang berqurban dengan kambing, maka tujuh ekor kambing domba lebih utama daripada kambing Jawa. Berqurban dengan 7 kambing lebih utama daripada berqurban dengan satu sapi, meskipun sama-sama untuk tujuh orang. Sebab, beribadah dengan kuantitas banyak lebih baik daripada yang sedikit.

Keutamaan berqurban juga berkaitan dengan warna hewan yang akan disembelih. Warna hewan ternak yang paling utama adalah putih lalu putih semu, hewan yang sebagain bulunya putih dan sebagain lainnya berwarna hitam, kemudian hewan yang berwarna hitan dan yang terakhir berwarna merah.

Namun, Imam Mawardi berpendapat lain, bahwa hewan yang berwarna merah merupakan hewan yang paling utama untuk berqurban. Terlepas dari itu, klasifikasi keutamaan hewan qurban berdasarkan warna bukan hanya disebabkan keindahannya, akan tetapi juga berpengaruh pada kenikmatan dagingnya.

Baca: Syarat dan Ketentuan Hewan Qurban

Sedangkan dalam kitab al-Majmu' ala Syarah Muhadzab disebutkan, hukum-hukum keutamaan hewan qurban yang pertama adalah unta, kedua sapi, ketiga kambing domba dan keempat kambing kacang/kambing Jawa. Bahkan, kambing domba umur setahun lebih utama ketimbang kambing jawa umur dua tahun.

اما الاحكام) ففيها مسائل (احداها) البدنة افضل من البقرة والبقرة أفضل من الشاة والضأن افضل من المعز فجذعة الضأن افضل من ثنية المعز لما ذكره المصنف وهذا كله متفق عليه عندنا 

"Berqurban dengan unta lebih utama daripada sapi, berqurban dengan sapi lebih utama daripada kambing. Kemudian berqurban dengan kambing domba lebih utama daripada kambing Jawa. Ulama sepakat bahwa kambing domba berumur satu tahun lebih utama daripada kambing Jawa berumur dua tahun.

Demikian penjelasan urutan keutamaan hewan untuk berqurban. Semoga umat Islam dapat berqurban dengan hewan yang terbaik, sehingga mendapatkan keutamaan dalam berqurbannya. [dutaislam.com/in]
Loading...