Tanggapi Wanita Diusir Bawa Anjing ke Masjid, Ahmad Sahal Ceritakan Arab Badui Kencing di Masjid Zaman Nabi
Cari Berita

Advertisement

Tanggapi Wanita Diusir Bawa Anjing ke Masjid, Ahmad Sahal Ceritakan Arab Badui Kencing di Masjid Zaman Nabi

Duta Islam #03
Senin, 01 Juli 2019
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Screenshot saat wanita yang membawa  ajing ke Masjid Al  Unawaroh Bogor diusir jemaah, Ahad (30/06/2019). Foto: Istimewa.
DutaIslam.Com - Video viral seorang wanita diusir lantaran membawa anjing ke Masjid Al Munawaroh, Sentul, Babakan Madang, Bogor mendapat reaksi dari sejumlah pihak. Intelektual Muda NU yang kini menjadi Pengurus Cabang Istimewa NU Amerika Ahmad Sahal juga menanggapi insiden tersebut.

Ahmad Sahal mengecam tindakan perempuan itu yang membawa anjing ke dalam Masjid. Dengan alasan apapun tindakan itu menurutnya sudah kelewatan.

"Saya kecam wanita yang bawa anjing ke dalam masjid. Apapun alasannya, itu kelewatan," kata Ahmad Sahal melalui akun Twitternya, Ahad (30/06/2019) malam.

Namun demikian, menurut Sahal, kaum Muslim tidak perlu terlalu reaktif menanggapi insiden tersebut. Sahal meminta agar kaum Muslim meneladani perilaku nabi.

"Tapi kaum muslim gak perlu terlalu reaktif. Teladani Nabi!," sambungnya.

Sahal lantas menceritakan peristiwa serupa pada zaman nabi. Yaitu ketika ada seorang Arab Badui yang kencing di Masjid. Perilaku Arab Badui diketahui oleh Rasulullah dan rara sahabat.

Nabi melarang para sahabat menghardik Arab Badui tersebut. Sebaliknya Nabi meminta agar para sahabat menyiram air kencingnya dan memaafkan si Arab Badui.

"Arab badui kencing dalam masjid. Sahabat-sahabat dilarang menghardik. Nabi hanya minta mereka menyiram, bersihkan bekas kencingnya. Dan memaafkannya," kata Ahmad Sahal menceritakan peristiwa pada zaman Nabi.

Sebagaimana diberitakan, seorang wanita masuk masjid dengan membawa seekor anjing. Peristiwa tersebut terjadi di Masjid Al Munawaroh, Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Ahad (30/06/2019) pukul 14.00.

Dalam video yang beredar, terlihat wanita berkacamata dengan setelan baju putih dan celana hitam masuk ke dalam masjid sambil membawa seekor anjing. Wanita itu datang sambil berbicara kepada dua pria dengan nada tinggi. Dia mempertanyakan suaminya yang dinikahkan di masjid.

"Suami gue kenapa dikawinin di sini," tanyanya sembari menaruh anjingnya di atas karpet masjid.

Lelaki berbaju oranye kemudian mendorongnya keluar dan memberitahukan bahwa perbuatannya itu tidak pantas dilakukan di masjid. Lebih-lebih wanita itu mengenakan sandal hingga membuat kedua pria emosi.

Aksi saling dorong pun tak terhindarkan. Jemaah berhamburan berusaha mengusir anjing yang sengaja dilepas perempuan tersebut.

Kapolres Bogor AKBP AM Dicky Pastika mengatakan, wanita berinisial
SM itu memasuki masjid untuk mencari suaminya. Mengetahui ada orang yang masuk masjid membawa anjing, jemaah masjid kemudian bertindak. Jemaah mengusir SM keluar dari masjid.

"Tidak lama kemudian petugas polsek yang datang di TKP mengamankan pelaku," jelas Dicky. [dutaislam.com/pin]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB