Persatuan Umat Lebih Penting Daripada Kepentingan Golongan Tertentu
Cari Berita

Advertisement

Loading...

Persatuan Umat Lebih Penting Daripada Kepentingan Golongan Tertentu

Duta Islam #07
Kamis, 11 Juli 2019
Loading...

Persatuan di indonesia saat ini
Persatuan di indonesia saat ini. Foto; istimewa
Belakangan, berbagai perselisihan kerap dibesar-besarkan. Banyak fitnah dan perpecahan terjadi hanya karena mengejar kepentingan pribadi atau golongan sehingga seringkali persatuan dan persaudaraan disisihkan.

DutaIslam.Com - Persatuan Islam termasuk dari "Maqoshid Syar’iyyah" (tujuan syari’at) yang paling penting yang terkandung dalam agama ini. Al Qur`an dan Rasulullah senantiasa menyerukannya. Persatuan dalam masalah aqidah, ibadah, dan akhlak, semuanya diperhatikan dan diserukan oleh Islam. Diharapkan akan terbentuk persatuan di atas petunjuk dan kebenaran. Bukan persatuan semu, yang tidak ada kenyataan, karena tidak ada faidahnya.

Baca: Tiga Tokoh Sufi yang Menyulam Perdamaian Menjahit Luka-Luka Perpecahan

Diceritakan dalam kitab Al-Musawwadah fi Ushul Al-Fiqh karya trio Ibnu Taimiyah:

(عن القاضي أبى يعلى أنه قصده فقيه ليقرأ عليه مذهب أحمد فسأله عن بلده فأخبره.

Artinya:
Al-Qadhi Abu Ya'la didatangi seorang pelajar fiqih untuk belajar mazhab Hanbali kepadanya. Lalu Abu Ya'la menanyakan tentang negeri asalnya. Pelajar itu mengabarkan tentang hal ihwal negerinya.

فقال [أي أبو يعلى] له: إن أهل بلدك كلهم يقرأون مذهب الشافعي فلماذا عدلت أنت عنه إلى مذهبنا.

Artinya:
Abu Ya'la berkata kepadanya: Penduduk negerimu semuanya mengikuti mazhab Syafi'iyah. Kenapa Anda akan berpindah ke mazhab kami?

فقال له: إنما عدلت عن المذهب رغبة فيك أنت.

Artinya:
Pelajar itu berkata: Aku berpindah dari mazhab Syafi'i karena suka kepada Anda.

Persatuan di Indonesia Saat ini


فقال [القاضي أبو يعلى]: ان هذا لا يصلح فإنك إذا كنت في بلدك على مذهب أحمد وباقي أهل البلد على مذهب الشافعي لم تجد أحدا يعيد معك، ولا يدارسك وكنت خليقا أن تثير خصومة وتوقع نزاعاً، بل كونك على مذهب الشافعي حيث أهل بلدك على مذهبه أولى 
ودله على الشيخ أبى إسحاق وذهب به إليه).

Artinya:
Abu Ya'la berkata: Ini jelas tidak baik. Jika Anda hidup di negerimu mengikuti mazhab Hanbali, sementara seluruh penduduk negerimu mengikuti mazhab Syafi'iy, Anda tidak akan menemukan seseorang yang akan mengulangi pelajaran dan belajar bersama Anda. Anda pasti akan mengobarkan permusuhan dan menimbulkan pertengkaran. Justru Anda mengikuti mazhab Syafi'iy seperti penduduk negeri Anda itu lebih baik. Kemudian Abu Ya'la menunjukkan pelajar tersebut kepada Syaikh Abu Ishaq dan membawanya kepada beliau untuk belajar fiqih Syafi'iy.
Syaikh Abi Ishaq adalah pengarang kitab al-Muhadzdab, kitab monumental dalam mazhab Syafi'iy yang di-syarah oleh Imam Nawawi dengan kitab al-Majmu'.

Pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah diatas adalah, para ulama tidak suka dengan para ustadz pendatang baru yang berbeda mazhab dengan penduduk lokal, karena akan menimbulkan konflik dan permusuhan.

Jika ditarik ke dalam kehidupan berbangsa di Indonesia, dijelaskan, bahwa negara kita telah dibangun oleh para Bapak Bangsa yang punya konstitusi bersama bernama Pancasila dan UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ini adalah konstitusi yang tidak boleh kita langgar.

Baca: Menjadi Indonesia dengan Pancasila

Barang siapa yang melanggar konstitusi, Rasulullah mengatakan 'Man qatala nafsan mu'aahadan bighairi hillihaa fa haraamun 'alaihil jannah an yasyumma riihahaa', barang siapa yang membunuh seseorang yang telah terikat dalam sebuah konstitusi, dalam sebuah perjanjian bersama tanpa alasan benar, maka haram baginya bau surga. (QS. Al Maidah: 32)

Artinya, kesepatakan konstitusi adalah kesepakatan bersama. Al-Quran menganjurkan dan mewajibkan kita untuk menaatinya. Itulah konsep toleransi di dalam Islam, yakni meyakini agama kita sebagai agama yang paling otentik, sambil tetap menghargai orang lain.

Kita juga harus yakin bahwa orang lain menghargai dan meyakini hal yang sama. Sehingga kehidupan bersama bisa kita jalankan di negara yang sangat diverse, multikultural dan sangat religius ini. [dutaislam/ka]

close
Banner iklan disini