Jangan Salah Sangka! Bukan GP Ansor yang Batalkan Ceramah Hanan Attaki di Tegal, Ini Duduk Perkaranya
Cari Berita

Advertisement

Jangan Salah Sangka! Bukan GP Ansor yang Batalkan Ceramah Hanan Attaki di Tegal, Ini Duduk Perkaranya

Duta Islam #03
Selasa, 09 Juli 2019

Ansor dan Ustadz Hanan Attaki. Foto: Istimewa.
DutaIslam.Com - Gagalnya kegiatan Sharing Time Tegal "Menjemput Keajaiban dalam Ujian" bersama Ustadz Hanan Attaki di Hotel Bahari Inn, Kota Tegal, Ahad (07/07/2019) disebut-sebut karena dibatalkan GP Ansor Tegal. Tuduhan tersebut segera dibantah GP Ansor Tegal. GP Ansor hanya merasa keberatan yang disampaikan melalui surat kepada pihak kepolisian.

Baca juga: Pernah Sebut Nabi Musa Premannya Nabi, Acara Hanan Attaki di Tegal Diprotes GP Ansor

Ketua GP Ansor Kota Tegal Imam Kharomain mengatakan, organisasinya melayangkan surat keberatan pada Jumat 5 Juli 2019 ke Polres Tegal Kota. Imam menegaskan, GP Ansor Tegal tidak menolak kegiatan pengajian, seminar, kajian Islam atau acara keagamaan lain. GP Ansor hanya keberatan dengan Ustaz Hanan Attaki sebagai pembicara yang didatangkan. Keberatan didasarkan pada rekam jejak sang ustadz dalam kegiatan-kegiatan sebelumnya.

"Pengajiannya kami tidak menolak. Hanan Attaki-nya yang kami keberatan mengisi pengajian yang ada di Kota Tegal," ujar Imam dikutip dari Kompas.com.

GP Ansor juga menegaskan bahwa bubarnya kegiatan bersama Ustaz Hanan Attaki tidak ada keterlibatan GP Ansor. Tidak ada GP Ansor yang sampai turun ke jalan.

"Kami hanya melayangkan surat permohonan keberatan. Perihal pembubaran sepenuhnya ada di penegak hukum kepolisian. Juga saya pastikan tidak ada anggota GP Ansor yang turun," ungkap Imam.

Baca juga: 7 Deretan Ustadz di Balik Geliat Hijrah Anak Muda, Hati-Hati!

Kasat Intelkam Polres Tegal Kota Iptu Suroyo mengkonfirmasi, kegiatan sharing bersama Ustaz Hanan Attaki belum mengantongi izin. Namun, dia menyebutkan, acara itu bukan pengajian melainkan seminar. Terkiat pembatalan, sepenuhnya bukan dari kepolisian. Melainkan diputuskan setelah pengelola Hotel Bahari Inn konfirmasi ke kepolisian. Pihak hotel pun membatalkannya sebab acara tersebut tidak berizin.

"Akhirnya tidak jadi (kegiatannya). Polisi tidak menyinggung, tidak ada omongan atau tindakan. Ada pun pembatalan langsung dari Hotel Bahari In," jelas Suroyo kepada Kompas.com.

Menurut Ketua Pusat GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas, surat keberatan yang dilayangkan GP Ansor Tegal sebenarnya hal yang biasa. Namun, ada pihak yang membuat isu seolah-olah GP Ansor telah membubarkan acara ceramah Hanan Attaki.

“Tidak ada pembubaran sebagaimana digoreng di medsos,” ujar Gus Yaqut dikutip dari Tempo.co.[dutaislam.com/pin]


close
Banner iklan disini