Jangan Kaget Kalau (NU) Ahlussunnah Wal Jama'ah Mendunia
Cari Berita

Advertisement

Jangan Kaget Kalau (NU) Ahlussunnah Wal Jama'ah Mendunia

Duta Islam #07
Minggu, 28 Juli 2019

NU mendunia
NU mendunia. Foto: istimewa
Oleh: Supriyono

DutaIslam.Com - Jam'iyyah Nahdlatul Ulama' (NU) sebagai ormas Islam terbesar merupakan "Aswajanya Dunia". Kenapa demikian? Ada beberapa argumen untuk menjelaskan dan menjawabnya.

1. Karena NU didirikan memang untuk menjadi wadah bagi Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah.
NU menjadi sebuah wadah atau organisasi Islam yang berhaluan atau menaungi Ahlussunnah Wal Jama'ah terbesar di dunia. NU memiliki struktur organisasi yang lengkap mulai dari tingkat nasional yakni PBNU hingga ke tingkat desa atau ranting. Bukan hanya itu, NU juga mempunyai struktur organisasi cabang istimewa yang tersebar di berbagai negara di penjuru dunia, seperti PCINU Belanda, PCINU Hongkong, PCINU Jepang, PCINU Lebanon,  PCINU Malaysia, PCINU Maroko, PCINU Mesir, PCINU Pakistan, PCINU Sudan, PCINU Tunisia, PCINU Yaman, dan PCINU Aljazair.

Baca: Siapakah Ahlus Sunnah wal Jamaah Itu?

2. NU memiliki amaliyah atau tradisi keagamaan yang sangat kuat dan mengakar dikalangan umat Islam sedunia. Tradisi keagamaan yang dilakukan NU seperti; ziarah kubur, maulidurrasul, tahlilan, manaqiban, yasinan, berjanjenan dan lain-lain telah mendarah daging dalam keseharian masyarakat Islam Indonesia. Tradisi keagamaan NU ini dilakukan secara masif oleh warga Nahdliyyin termasuk juga oleh umat Islam di luar Nahdliyyin yang memiliki basis ideologi Ahlussunnah Wal Jama'ah. Sehingga sering kali digunakan dalam terminologi ke-NU-an, ada NU struktural dan NU kultural.

3. NU memiliki khazanah intelektualitas dan spiritualitas yang lengkap dan beragam. Menjamurnya pesantren-pesantren yang berafiliasi kepada NU, baik pesantren salaf maupun yang modern yang tersebar seantero Nusantara adalah sebagai buktinya. Kemudian, tradisi diskusi untuk menjawab persoalan-persoalan keagamaan, sosial, pendidikan, ekonomi, politik, dan budaya melalui forum "Bahtsul Masail" yang digelar secara terus menerus dari waktu ke waktu dan di semua level kepengurusan juga sebagai pertanda akan luas dan dinamisnya khazanah keilmuan di NU.

NU Mendunia


Khazanah spiritualitas NU secara formal struktur dapat dilihat dari adanya Jatman (Jam'iyyah Ahlit Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyyah) yang menaungi dan mengembangkan semua pengamal thariqat-thariqat yang mu'tabaroh. Banyaknya majlis dzikir dan shalawat, majlis ta'lim, dan jam'iyyah-jam'iyyah rutinan adalah bentuk lain dari praktik kekayaan spiritulitas NU.

4. NU memiliki karakter ke-Islam-an yang tercermin dalam pemikiran, sikap, dan perilaku yang moderat, toleran, proporsional, berkeadilan dan dakwah yang lembut menjadikannya dilirik dan diminati banyak kalangan. Sikap NU dalam dakwah yang mengedapankan kebenaran, kebijaksanaan dan kelembutan di dalam merespon setiap persoalan umat dan bangsa terbukti sangat efektif. Wajar saja, jika belakangan ini banyak negara-negara Islam yang belajar kepada NU.

NU bukan hanya membuktikan dirinya sebagai organisasi sosial keagamaan yang kuat secara kuantitas warganya, tetapi lebih dari itu NU juga telah mencatatkan dirinya sebagai ormas yang produktif mencetak kualitas kader yang hebat. Banyak ulama' dan tokoh NU yang secara keilmuan dan perannya diakui oleh negara bahkan dunia, seperti KH. Hasyim Asy'ari, KH. Abdul Wahhab Hasbullah, KH. Wahid Hasyim, KH. Idham Kholid, KH. Sahal Mahfudz, dan KH. Abdurrahman Wahid.

NU ibarat minuman adalah kopi. Kopi tidak pernah angkuh, dimanapun ia berada mulai dari warung kopi, restoran, sampai hotel bintang lima tetap saja memberi kenikmatan yang sama kepada penikmatnya.

Baca: Tujuh Ulama Nusantara Yang Terkenal Mendunia

Kopi selalu dihimpit oleh dua dimensi, yakni pahit dan manis. Demikian halnya NU yang moderat selalu himpit diantara dua ideologi kiri (liberal) dan kanan (radikal).
Ibarat kopi yang selalu menjadi inspirasi bagi penikmatnya, NU hadir menjadi inspirasi dunia dalam menyampaikan misi Islam rahmatan lil 'alamin. [dutaislam/ka]

close
Banner iklan disini