I'tikad Ahlussunah Wal Jama’ah di Indonesia Adalah NU Bukan HTI
Cari Berita

Advertisement

I'tikad Ahlussunah Wal Jama’ah di Indonesia Adalah NU Bukan HTI

Duta Islam #07
Selasa, 23 Juli 2019
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Tokoh ahlussunnah wal jamaah indonesia
Bib rizieq mengkui aswaja adalah nu. Foto: istimewa
DutaIslam.Com - I'tikad Ahlussunah wal Jama’ah adalah i’tikad atau kepercayaan Nabi Muhammad SAW dan i’tikad jama’ah para sahabatnya yang bersumber dari Al-Qur’an dan Al-Hadits, yang kemudian hari disusun dan dirumuskan oleh ulama besar ushuluddin yang bernama Imam Abu Hasan Al-Asy’ari.

Imam Abu Hasan Al-Asy’ari dalam membangun i’tikad Ahlussunah wal Jama’ah bertolok ukur dari hadits shahih yang mengabarkan akan munculnya paham dikalangan umat Islam yaitu umat Nabi Muhammad SAW.

وَاِنَّهُ سَيَكُوْنُ فىِ اُمَّتِىْ ثَلاَثُوْنَ كَذَّابُوْنَ كُلُّهُمْ يَزْعُمُ اِنَّهُ نَبِيٌّ وَاَناَ خَاتَمُ النَّبِيِّيْنَ لاَنَبِيَ بَعْدِىْ. (رواه الترمذى)

Artinya:
Dan sesungguhnya akan ada dilingkungan umatku 30 orang sangat pembohong yang mendakwakan bahwa ia sebagai Nabi. Saya adalah Nabi penutup, tidak ada lagi Nabi sesudahku.” (H.R. At-Tirmidhi).

Baca: Siapakah Ahlus Sunnah wal Jamaah Itu?


وَالَذِّىْ نَفْسِ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَتَفْتَرِقُ اُمَّتِىْ عَلَى ثَلاَثٍ وَسَبْعِيْنَ فِرْقَةً فَوَاحِدَةٌ فِى اْلجَنَّةِ وَثِنْتَانِ وَسَبْعُوْنَ فِى النَّارِ قِيْلَ: مَنْ هُمْ يَارَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ اَهْلُ السُّنَّةِ وَالْجَمَاعَةِ. (رواه الطبرانى)

Artinya:
Demi Allah yang memegang jiwa Muhammad SAW akan bercerai berai umatku menjadi 73 firqah, yang satu masuk surga dan yang 72 masuk neraka”. dikatakan oleh sahabat: “Siapakah firqah yang masuk surga itu ya Rasulullah SAW?” Nabi menjawab: “Ahlussunah wal Jama’ah.”  (H.R. At-Thabrani).

Hadits tersebut menjelaskan adanya perpecahan umat Islam menjadi 73  firqah. Hanya satu firqah yang benar dan mendapat jaminan masuk surga, ialah Ahlussunah wal Jama’ah. Dengan berlandaskan kepada petunjuk dan isyarat Rasulullah SAW mengenai paham yang benar, yaitu Ahlussunah wal Jama’ah, maka Imam Abu Hasan Al-Asy’ari berjuang dan berusaha menegakkan paham sunni ini demi kejayaan dan kemuliaan agama Islam.

Tokoh Ahlussunnah wal Jama'ah Indonesia


Pelopor dan penyebar aliran Ahlussunah wal Jama’ah adalah sebagai berikut:

Abu Al-Hasan Al-Asy’ari

Nama lengkap tokoh utama aliran Ahlussunah wal Jama’ah ini adalah Abu Al-Hasan Ali bin Ismail bin Abi Basyar Ishak bin Salim bin Ismail bin Abdullah bin Musa bin Bilal bin Abi Burdah Amir bin Abi Musa Abdullah bin Qais Al-Asy’ari. Ia dilahirkan di Bashrah tahun 260 H/873 M dan wafat di Baghdad tahun 324 H/935 M. Ia adalah cucu sahabat Rasul yang terkenal, Abu Musa Al-Asy’ari.

Abu Manshur Al-Maturidi

Nama lengkap Al-Maturidi adalah Abu Manshur Muhammad bin Muhammad bin Mahmud Al-Maturidi. Ia dilahirkan pada pertengahan kedua abad kesembilan masehi, di Maturidi, sebuah daerah di Samarkand. Ia wafat tahun 332 H/944 M. Karena tempat kelahirannya bernama Maturidi, maka Ia lebih dikenal dengan sebutan Al-Maturidi. Pengikut dan tokoh besar Maturidiyah adalah Abu Al-Jasr Muhammad bin Muhammad bin Abdul Karim Al-Bazdawi (421-493 M).

Hadratussyaikh Ahmad Rifa'i adalah sosok aktivis Ahlussunnah wal Jama'ah pada abad 19. Bukti otentik nya adalah dalam kitab beliau yang berjudul Ri'ayatal Himmah:

Dibidang akidah mengikuti Ahlussunah wal Jama’ah yang dipelopori oleh Imam Abu Al-Hasan Al-Asy’ari dan Imam Manshur Al-Maturidi.

عُلَمَا مُجْتَهِيْد مُطْلَقْ اُصُوْلِ الدِّيْن اَنَانَيْ. اِيْكُوْ اِمَامْ اَبُوْ حَسَنْ اَشْعَارِيْ نَمَانَيْ. لَنْ اِمَامْ اَبُوْ مَنْشُوْر مَتُرِدِيْ اَرَانَيْ. اِيْكُوْ فَدَ قُرْآنْ لَنْ حَدِيْث فَعَمْبِلانَيْ. (رعاية الهمة)

Artinya:
Ulama mujtahid mutlak ushuludin ialah Abu Hasan Asy’ari dan Imam Abu Manshur Maturidi yang berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan Al-Hadits.” (Riayat al-Himmah).

Dibidang fikih ulama fuqaha antara lain Imam Hanafi, Imam Maliki, Imam Syafi’i dan Imam Ahmad.

عُلَمَا مُجْتَهِيْد مُطْلَقْ فُقَهَا فَفَتْ وِيْلَعَنَيْ. كَعْ وُوْس كَظَهِرْ نِعْ نَكَارَ مَكَهْ اَنَنَيْ. اِمَامْ حَنَفِيْ لَنْ اِمَامْ مَالِكِىْ نَمَانَيْ. اِمَامْ شَافِعِيْ لَنْ اِمَامْ اَحْمَدْ اَرَانَيْ. لَنْ اَنَ مَالِيْه اِمَامْ فَفَتْ تَنْ مَشْهُوْر. مُوَافَقَتَيْ سَكَيْهَيْ عُلَمَا جُمْهُوْر. جُكُوْف تَقْلِيْد سَالَهْ سِجِيْنَيْ فِنِلَهُوْر. اَنُوْت اِعْ اِمَامْ شَافِعِى فِتُتُوْر. (رعاية الهمة)

Artinya:
Ulama mujtahid Mmutlak fuqaha empat jumlahnya yang masa hidupnya di Makkah dan sekitarnya, yaitu Imam Hanafi, Imam Maliki, Imam Syafi’i dan Imam Ahmad. Dan ada lagi empat imam yang tidak masyhur. Menyepakati semua ulama jumhur. Cukup taklid salah satu dari keempat madzhab tersebut, yakni Imam Syafi’i.” (Riayat al-Himmah).

Dibidang tasawuf mengikuti Imam Abu Qasim Junaidi Al-Baghdadi.

عُلَمَا مُجْتَهِيْد مُطْلَقْ اَهْلِ صُوْفِى تِنُتُوْر. اَبُوْ قَاسِمْ جُنَيْدِ اْلبَغْدَادِ مَشْهُوْر. طَرِيْقَتَيْ بَنَرْ مَارِعْ اَللهْ مِلَهُوْر. كَوِيْلَعْ عَارِفٌ بِاللهْ سَكِعْ لِيَانَيْ مُوْعكُوْر. (رعاية الهمة)

Artinya:
Ulama mujtahid mutlak ahli sufi (tasawuf) yang popular adalah Abu Qasim Junaidi Al-Baghdadi masyhur. Thariqat yang benar tertuju kepada Allah. Terbilang arifun billah berpaling dari yang lainnya.” (Riayat al-Himmah).

Baca: Asrabi (Aswaja Rasa Wahabi), Ini Dia Cirinya

Hubungan antara Syekh Ahmad Rifa'i dengan Ahlussunah wal Jama’ah hubungannya sangat erat dan tidak dapat dipisahkan. Sebagaimana pernyataan KH. Ahmad Rifa’i didalam awal pembukaan di setiap kitab karangannya sebagai berikut :

تَنْبِيْهٌ اِيْكِيْ لَهْ نَظَمْ اَطْلَبْ نَمَانَيْ تَرَجُمَهْ عِلْمُ شَرِيْعَةْ مَسْئَلَهْ طَلَبُ اْلعِلْمِ سَكِعْ حَاجِ اَحْمَدِ الِرّفَاعِى اِبْنِ مُحَمَّدْ شَافِعِيَهْ مَذْهَبَىْ اَهْلِ سُنِّى طَرِقَتَيْ. (اَطْلَبْ)

Artinya:
Peringatan, inilah nadzam Athlab membahas tentang thalabul ilmi dari KH. Ahmad Rifa’i bin Muhamamad dengan menganut madzhab Imam Syafi’i dan berpaham Ahli Sunni atau Ahlussunah wal Jama’ah.” (Athlab)

Semoga bermanfaat dunia akhirat, dan termasuk salah satu yang berada di firqah yang disebutkan oleh Nabi SAW. [dutaislam/ka]
Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB