Hoaks, Kiai Said Anggap Jokowi Imam Mahdi Akhir Zaman
Cari Berita

Advertisement

Hoaks, Kiai Said Anggap Jokowi Imam Mahdi Akhir Zaman

Duta Islam #03
Sabtu, 27 Juli 2019
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Hoaks Kiai Said Anggap Jokowi Imam Mahdi Akhir Zaman. Foto: Istimewa.
DutaIslam.Com - Berita hoaks kembali menyerang Ketum PBNU Kiai Said Aqil Siradj.

Beredar sebuah unggahan berupa tangkapan layar di media sosial Facebook dengan judul “SAID AQIL: Jangan Bilang Siapa-Siapa ya. Fieling Saya, Pak Jokowi Itu “IMAM MAHDI” Yang Muncul di Akhir Zaman Nanti”. Diunggah oleh sebauh akun Facebook bernama @AlexBalfasAlfarizi.

Dalam unggahan tangkapan layar tersebut, terdapat logo sebuah media daring milik bbc.com. Unggahan milik @AlexBalfazAlfarizi tersebut muncul sejak 24 Juli 2019, pukul 18.24 WIB. Dan telah dibagikan sebanyaak 359 kali, serta mendapat 126 komentar dari pengguna Facebook lainnya.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut mengenai ketersediaan berita dengan judul seperti halnya yang diunggah oleh @AlexBalfazAlfarizi di kolom pencarian milik bbc.com, tidak ditemukan.

Pencarian serupa juga dilakukan melalui mesin pencari yakni google.com, dan tidak pula ditemukan pemberitaan dengan judul seperti halnya yang diunggah oleh akun @AlexBalfazAlfarizi.
Dari hasil pencarian yang ada, pada tanggal 20 Juli 2019 bbc.com menayangkan berita dengan judul: “Saldo sejumlah nasabah berubah drastic, Bank Mandiri: ‘rekening nasabah aman’” dan “Ketika Avengers mengantisipasi gempa yang mengintai Bandung”.

Berdasarkan hasil pencarian fakta, tidak benar bahwa bbc.com menulis pemberitaan seperti halnya yang diunggah oleh akun Facebook @AlexBalfazAlfarizi.

Hati-hati kabar tersebut hoaks untuk menggemboskan NU dan Kiai Said. [dutaislam.com/pin]

Keterangan: Disadur dari Turnbackhoax.id dengan judul asli '[SALAH] “SAID AQIL: Jangan Bilang Siapa-Siapa ya. Fieling Saya,Pak Jokowi Itu “IMAM MAHDI” Yang Muncul di Akhir Zaman Nanti”'


Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB