Doa Untuk Orang yang Berangkat Haji dan Umroh
Cari Berita

Advertisement

Doa Untuk Orang yang Berangkat Haji dan Umroh

Duta Islam #04
Jumat, 12 Juli 2019
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Penjelasan mendoakan orang yang hendak pergi haji dan umroh (sumber:kompas.com)
Sudah menjadi tradisi di masyarakat ketika ada seseorang yang hendak berangkat haji dan umroh, maka sanak famili, kerabat atau tetangga berduyun-duyun untuk bersilaturahim. Perasaan gembira terlihat jelas dari wajah orang-orang yang berkunjung ke rumah saudaranya yang akan berangkat haji dan umroh.

DutaIslam.Com - Meraka turut merasa senang melihat saudaranya akan berangkat ke tanah suci. Tempat segala ibadah dilipatkgandakan pahalanya serta semua doa diijabah. Kemudian, para tamu biasanya nitip doa agar saat menunaikan haji ikut dipanjatkan doanya di depan Ka'bah.

Di samping itu, orang yang hendak haji dan umroh juga meminta doa sanak famili, kerabat atau tetangga agar perjalannya menuju baitullah diberi keselamatan, kesehatan dan kelancaran. Sepulang dari baitullah, dapat meraih predikat haji mabrur di mata Allah SWT.

Maka, orang yang bersilaturahim kepada sanak famili, kerabat atau tetangganya yang hendak berangkat haji sekiranya mendoakan agar selamat sampai tujuan.


بِسْمِ اللهِ مَجْرَىْ هاَ وَمُرْسَى هاَ إِنَّ رَبىِّ لَغَفُوْرٌ رَحِيْمٌ , وَماَ قَدَرُوْا اللهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَالأَرْضُ جَمِيْعاً قَبْضَتُهُ يَوْمَ القِياَمَةِ وَالسَّمَواَتِ مَطْوِيَّاتٌ بِيَمِيْنِهِ سُبْحاَنَهُ وَتَعاَلىَ عَمَّا يُشْرِكُوْنَ

“Dengan nama Allah di waktu berangkat dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya, padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari kiamat, dan langit digulung dengan kekuasaan-Nya. Maha Suci Allah dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan.”

Kemudian, ia senantiasa mendoakan orang yang hendak berangkat haji dengan doa yang termaktuk dalam hadis yang diriwayatkan sahabat Ibnu Umar.

أَنَّ ابْنَ عُمَرَ كَانَ يَقُولُ لِلرَّجُلِ إِذَا أَرَادَ سَفَرًا ادْنُ مِنِّى أُوَدِّعْكَ كَمَا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُوَدِّعُنَا.فَيَقُولُ « أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ 

Sesungguhnya Ibnu ‘Umar pernah mengatakan pada seseorang yang hendak bersafar, “Mendekatlah padaku, aku akan menitipkan engkau sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menitipkan kami, lalu beliau berkata: “Astawdi’ullaha diinaka, wa  amaanataka, wa khowaatiima ‘amalik (Aku menitipkan agamamu, amanahmu, dan perbuatan terakhirmu kepada Allah)”.(HR. Tirmidz).

Orang yang berkunjung tersebut juga dapat membaca doa sebagaimana yang diucapkan Nabi Muhammad. Sahabat Anas menceritakan ada seorang laki-laki datang kepada Rasulullah, lalu meminta beliau mendoakannya. Pada waktu otu, laki-laki tersebut hendak menunaikan ibadah haji. kemudian Rasulullah berdoa:

زَوَّدَكَ اللَّهُ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ  وَيَسَّرَ لَكَ الْخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ

Sedangkan di dalam kitab Ihya Ulumuddin, Imam Ghazali menjelaskan doa yang dibaca selepas mengantarkan jamaah haji atau umroh.

  فِيْ حِفْظِ اللهِ وَكَنفِهِ وَزَوَّدَكَ اللَه التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ وَوَجَّهَكَ لِلْخَيْرِ أَيْنَمَا كُنْتَ

Fi hifdzillahi wa kanafihi wa zawwadakallahut taqwa wa ghafara dzanbaka wa wajjahaka lil khairi ainama kunta.

"Semoga engkau selalu dalam penjagaan Allah dan perlindungannya. Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosa-dosamu, dan memberikan kebaikan di mana saja engkau berada."

Selanjutnya membaca doa sebagai berikut:

اَللهم يَسِّرْلَنَا زِيَارَةَ مَكَّةَ وَمَدِيْنَةَ بِغَيْرِ كَدٍّ وَلَا مَشَقَّةٍ مَعَ السَّلَامَةِ وَاْلبَرَكَةِ وَبُلُوْغِ الْمَرَامِ مِرَارًا يَا اَللهُ  مَرَّةَ بَعْدَ مَرَّاتٍ يَا اَللهُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Ya Allah, mudahkanlah kami untuk dapat ziarah ke Mekkah dan Madinah, tanpa susah payah dan kesualitan dengan selamat dan barokah, dan terpenuhi cita-cita, berulang-ulang ya Allah, berkali- kali ya Allah, berkat rahmat-Mu Wahai Dzat Yang Maha Pengasih. [dutaislam.com/in]
Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB