Belum Sehari, Kiai Said Diserang 2 Hoaks Biadab
Cari Berita

Advertisement

Loading...

Belum Sehari, Kiai Said Diserang 2 Hoaks Biadab

Duta Islam #03
Sabtu, 27 Juli 2019
Loading...

Dua berita hoaks yang menyerang Ketum PBNU Kiai Said Aqil Siradj. Foto: Istimewa.
DutaIslam.Com - Belum ada sehari, dua berita hoaks menyerang Ketum PBNU Kiai Said Aqil Siradj. Setelah beredar hoaks Kiai Said menyebut Jokowi Imam Mahdi akhir zaman, di hari yang sama beredar pula hoaks Kiai Said menyebut Arab Komunis, Rabu (24/07/2019).

Baca juga: Hoaks, Kiai Said Anggap Jokowi Imam Mahdi Akhir Zaman

Sebuah akun Facebook bernama Armand Suhara atau @armando.suhara.5 mengunggah screenshot dari media sosial Facebook Liputan 76 yang membagikan tautan ke grup Facebook Gerindra. Dalam screenshot terdapat tulisan dengan judul “Said Aqil: Negara China Bukan Negara Komunis, Yang Komunis Itu Justru Arab?”, dimuat di embarxi.blogspot.com.

Akun Facebook @armando.suhara.5 menambahkan narasi “SETAN ITU TERDIRI DARI DUA GOLONGAN DARI BANGSA JIN DAN BANGSA MANUSIA BAGAIMANA MENURUT PENDAPAT ANDA TENTANG ORANG INI.”

Berdasarkan penelusuran  Turnbackhoax.id, tidak ditemui berita dari media daring yang dipercaya yang memuat judul berita “Said Aqil: Negara China Bukan Negara Komunis, Yang Komunis Itu Justru Arab?.”

Media daring timesindonesia.co.id pada Rabu (17/07/2019), pernah menayangkan artikel yang berjudul “KH Said Aqil Siradj: Negara China bukan Negara Komunis.” Dalam artikel Times Indonesia tersebut, Kiai Said mengatakan bahwa tidak benar jika China adalah negara komunis. Wacana Negara China adalah Negara komunis, menurut Kiai Said hanya bagian dari sekenario politik beberapa kelompok yang ingin menjatuhkan pemerintahan Jokowi.

Kiai Said menjelaskan hal ini dianggap sudah menjadi kasus yang wajar bagi Indonesia yang menganut sistem demokrasi dan berpotensi menggunakan agama dan keyakinan sebagai alat politik tertentu termasuk di Indonesia.

“Sudah tidak ada ateisme, komunisme dan yang lainya sudah tidak ada. Semua itu sudah menjadi kepentingan politik,” ujar Kiai Said dalam acara bedah buku “Islam Indonesia dan China, pergumulan santri Indonesia di Tiongkok” di kantor PB NU, Jakarta Pusat, Rabu (17/07/2019).

Tulisan yang berjudul “Said Aqil: Negara China Bukan Negara Komunis, Yang Komunis Itu Justru Arab?” dari embarxi.blogspot.com, tidak ditemui pernyataan dari Kiai Said yang mengatakan bahwa yang komunis justru Arab. [dutaislam.com/pin]

Keterangan: Diolah dan diedit dari turnbackhoax.id dengan judul asli '[SALAH] “Said Aqil: Negara China Bukan Negara Komunis, Yang Komunis Itu Justru Arab?”'

Loading...