7 Nasihat Bijak yang Bikin Orang Tersadar
Cari Berita

Advertisement

Loading...

7 Nasihat Bijak yang Bikin Orang Tersadar

Duta Islam #04
Rabu, 03 Juli 2019
Loading...

Penjelasan nasihat bijak dan lembut (sumber: istimewa)
Nasihat merupakan amalan yang baik untuk mengingatkan orang lain agar menjadi lebih baik. Perintah memberikan nasihat tersurat denga jelas di dalam Surat al-‘Ashr. Di mana, Allah SWT telah memerintahkan umat manusia agar saling menasihati dalam kebenaran.

DutaIslam.Com – Nasihat yang baik akan tersampaikan kepada orang lain jika disampaikan dengan cara baik pula. Sebab, banyak terjadi nasihat baik tidak dapat diterima dengan baik ketika menyampaikannya dengan arogan dan kasar. Akibatnya, orang yang dinasihati semakin berontak dan bahkan memberikan perlawanan.

Allah SWT pun ketika memerintahkan Nabi Musa dan Nabi Harun untuk mengingatkan Fir’aun diperintahkan dengan lembut. Hal itu merupakan strategi agar orang yang dinasehiti sadar dan tidak mengulangi kesalahannya.

Baca: Memahami Ujian dan Cinta

Maka, sebagai umat Islam hendaknya meneladani apa yang dilakukan Nabi Musa dan Nabi Harun saat berhadapan dengan Fir’aun. Yakni, memberikan nasihat dengan lembut dan bijaksana.  Berikut 7 nasihat bijak dan lembut yang dapat mengetuk sanubari orang lain.

من الطبيعي أن ترى السفينة في الماء لكن من الخطر أن ترى الماء في السفينة فكن أنت في قلب الدنيا ولا تجعل الدنيا في قلبك 

Termasuk hal biasa jika kau melihat perahu di atas air, namun bahaya bila melihat air dalam perahu. Maka engkau boleh berada di hati dunia tapi jangan kau tempatkan dunia didalam hatimu.                           

 إن خسِرت شيئًا لم تتوقع يومًا أن تخسره ، فإن الله سيرزقك شيئًا لم تتوقع يومًا أن تملكه 

Jika kau pernah merasa rugi sesuatu yang tidak pernah kau sangka suatu hari, maka sesungguhnya Allah akan memberimu rezeki suatu hari yang tidak pernah kau kira akan memilikinya

 تفاءل عندما تصعب عليك الأمور ، فإن الله تعالى أقسم مرتين فإنّ مع العُسر يُسرا ، إنّ مع العسر يسرا 

Optimislah saat segala urusan terasa sulit bagimu, kerana Allah telah bersumpah dua kali, sesungguhnya sebuah kesulitan bersama kemudahan, sesungguhnya sebuah kesulitan bersama kemudahan.

Baca: Membumikan Narasi Damai di Bulan Ramadhan

 الحياة سألت الموت : لمآذا البشر يحبونني ويكرهونك ؟
أجاب الموت : ﻷنك كذبة جميلة وأنا حقيقة مؤلمة

Kehidupan bertanya kepada kematian:  Mengapa manusia mencintaiku dan membencimu?
Kematian menjawab: Kerana Engkau adalah kebohongan yang indah, sedangkan Aku adalah kenyataan yang menyakitkan.

 لا نعلم بعد رحمة الله ما الذي سيدخلنا الجنة ؟  أهي ركوع أو صدقة  أو سقيا ماء أو حاجة مؤمن قضيناها أو دعوة أو ذكر. فاعمل ولا تستصغر

Kita tidak tahu setelah Allah merahmati kita, apalagi yang boleh membuat kita masuk surga? Apakah itu ruku’ atau sedekah, atau air yang kita berikan, atau keperluan orang beriman yang kita tunaikan, atau doa, ataukah dzikir? Maka beramal lah dan jangan mempertikaikan!

 ضع قليلاً من العاطفة على عقلك حتى يلين وضع قليلاً من العقل على قلبك كي يستقيم 

Letakkan sedikit perasaan pada akalmu agar dia lembut dan letakkan sedikit akal pada perasaanmu agar dia lurus. [dutaislam.com/in]
Loading...