Ustadz Tengku yang Salah Soal Nama 7 Hari Dibela, Ahmad Sahal Meluruskan
Cari Berita

Advertisement

Ustadz Tengku yang Salah Soal Nama 7 Hari Dibela, Ahmad Sahal Meluruskan

Duta Islam #03
Selasa, 18 Juni 2019

Ustadz Tengku Zulkarnain. Foto: Istimewa.
DutaIslam.Com - Ungkapan Ustadz Tengku Zulkarnain yang keliru soal asal-usul nama hari mendapat pembelaan dari salah satu netizen. Intelektual NU Ahmad Sahal yang sebelumnya mengkritik postingan ngawur Ustadz Tengku yang tersebut kembali meluruskan.

Awalnya, Ustadz Tengku mengatakan bahwa nama 7 hari semuanya berasal dari Arab. Ungkapan yang keliru itu diluruskan oleh Ahmad Sahal. Baca: Ustadz Tengku 'Ngegas' Bilang Nama 7 Hari dari Arab, Tak Sadar Kalau Salah

Namun, bukannya mengakui kesalahan Ustadz Tengku, seseorang bernama Miftahul Iman membela Ustadz Tengku dan mempertanyakan Ahmad Sahal yang berupaya meluruskan kesalahan Ustadz Tengku.

"Jadi kalo ustadz tengku bilangnya itu dari Arab emang salah?  Kan bahasa Arabnya juga gitu, hari-hari Indonesia dari bahasa Arab bukan bahasa Yahudi.  Indonesia lebih kenal Arab daripada Yahudi, pak," kata Miftahul Iman melalui Twitternya, Senin (17/06/2019).

Ahmad Sahal menanggapi komentar tersebut. Menurutnya, ungkapan Ustadz Tengku mengaitkan nama-nama hari dalam bahasa Arab secara eksklusif sebagai produk Islam. Logika bengkok itulah, kata Sahal, yang hendak diluruskan dari ungkapan Ustadz Tengku Zulkarnain.

"Twit TengkuZul kan mengaitkan nama-nama hari dalam bahasa Arab  secara eksklusif sebagai produk Arab Islam. Logika bengkok Itu yang saya luruskan. Bahwa nama-nama hari tersebut produk pra Islam, udah dipake orang-orang Yahudi yang agamanya lahir jauh lebih dulu ketimbang Islam," ujar Sahal, Selasa ((17/06/2019)
Sebagaimana diberitakan, Ustadz Tengku menyebut bahwa nama-nama hari berasal dari Arab. Ungkapan tersebut diposting melakui akun Twitternya, Ahad (16/06/2019). Dari gaya bahasanya, Ustadz Tengku tampak ingin mengkritik orang lain yang dianggapnya anti terhadap Arab dan Islam.

"Wahai Para Anti Arab dan Anti Islam. Apakah Kalian Tidak Berpikir bahwa Nama 7 Hari Dalam Hidupmu Itu Asal Arab Semua,"Ahad, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at, Sabtu...?" tulis Ustadz Tengku.

"Mau Kalian Ganti Jadi, "Wereng, Virus, Lem Kambing, Tuak, Mabok, Utang, Bloon...! Gitu...? Maaf Kami Waras!" sambugnya.

Ustadz Tengku banyak dikritik karena dinilai membuat postingan yang keliru.

Kritik terhadap Ustadz Tengku salah satunya datang dari Intelektual Muda NU Ahmad Sahal. Menurut Ahmad Sahal, Ustadz Tengku sok tahu, langsung 'ngegas', namun justru keliru.

"Ayah Naen sok tau, ngegas tapi salah," katanya.

Ahmad Sahal kemudian menjelaskan bahwa dari nama tujuh hari Arab, lima hari berasal dari Yahudi yang diserap ke Arab.

"Dari nama 7 hari Arab: 5 berasal dari Yahudi. Dari Hebrew yang diserap ke Arab: Yom shni (hari senin), shlishi, ravi’i, khamishi, sabat. 1 berasal dari Arab pra Islam: Ahad. Yang betul-betul berasal dari Islam cuma satu: jumat," jelas Ahmad Sahal, Senin (17/06/2019). [dutaislam.com/pin]


close
Banner iklan disini