Keutamaan Berwudhu
Cari Berita

Advertisement

Keutamaan Berwudhu

Duta Islam #04
Sabtu, 15 Juni 2019

Penjelasan keutamaan berwudhu (sumber: istimewa)
Wudhu merupakan pra syarat bagi umat Islam yang hendak melaksanakan shalat, membaca al-Quran dan ibadah lainnya. Wudhu disyariaykan dalam Islam agar suci dari hadas kecil dengan membasuh anggota wudhu sesuai syarat dan rukunnya.

DutaIslam.Com - Selain untuk  bersuci dari hadas kecil, wudhu juga mempunyai fadhilah yang besar. Nabi Muhammad SAW pernah bercerita kepada sahabat Bilal bahwa beliau mendengar suara sandal Bilal di suarga.

Kemudian Rasulullah bertanya terkait amalan yang biasa dilakukan sahabat Bilal tersebut, hingga mendapatkan derajat yang mulia di sisi Allah SWT. Lantas, Bilal menjawab bahwa ia senantiasa melanggengkan wudhu.

Melanggengkan wudhu memang bukanlah hal yang sulit dijalankan. Akan tetapi jika tidak ada komitmen yang kuat untuk selalu menjaga wudhunya. Komitmen tersebut dibuktikan dengan istiqamah agar tetap dalam keadaan suci.

Baca: Doa Ketika Anak Dikhitan

Hal yang paling mudah agar selalu wudhu adalah membiasakan setelah mandi untuk berwudhu. Dengan demikian, mandi tidak lepas dari wudhu. Kemudian langkah selanjutnya adalah menyegerakan berwudhu setiap berhadas, baik buang air kecil atau air besar.

Langkah ini menjaga agar seseorang dapat menjaga tetap dalam keadaan suci. Sebab, ia setiap berhadas selalu mengiringinya dengan berwudhu. Hal demikian juga kita lakukan pada saat mau tidur.

Imam Jalaluddin as-Suyuti dalam kitab Kitab lubabul hadits menjelaskan bahwa Rasulullah SAW bersabda:“Tidur orang yang suci (dari hadats) seperti orang puasa yang shalat” (Lubabul Hadits).

Melanggengkan wudhu menjadi salah satu sebab suati ilmu mudah diserap dan dipahami. Imam al-Khulwani setiap hendak belajar senantiasa berwudhu terlebih dahulu. Beliau berkata, “Sesungguhnya aku dapat memperoleh ilmu hanya dengan mengagungkan ilmu, dan sekali-kali saya tidak memegang bendel kitab melainkan dalam keadaan bersuci" (Ta’lim Muta’allim)

Berwudhu juga mempunyai manfaat secara kesehatan. Anggota badan yang sering dibasuh ketika berwudhu akan terhindar dari kuman-kuman. Sebab, anggota badan tersebut dalam keadaan bersih.

Baca: Hukum Khitan Bagi Perempuan

Mulut dan hidung yang menjadi sarang penyakit tak luput dibasuh ketika berwudu. Meskipun membasuh keduanya sunnah, Islam sangat menganjurkan untuk membasuhnya sebagai bentuk penyempurnaan wudhu.

Bakteri-bakteri yang bersarang di hidung dan mulut akan terbersihkan. Bakteri itu biasanya bersumber dari sisa makanan atau kotoran yang mengendap. Dengan dibersihkannya kotoran tersebut, orang yang berwudhu dapat terhindar dari penyakit yang ditimbulkan bakteri yang ada di mulut atau hidung.

Berwudhu di samping memberikan dampak pada ketakwaan kepada Tuhan, juga memberikan manfaat pada kesehatan diri. Melanggengkan wudhu merupakan kenikmatan terbesar bagi umat Islam. [dutaislam.com/in]

close
Banner iklan disini