Detik-detik Wafatnya Siti Khadijah, Istri Tercinta Rasulullah
Cari Berita

Advertisement

Detik-detik Wafatnya Siti Khadijah, Istri Tercinta Rasulullah

Duta Islam #07
Senin, 24 Juni 2019
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Wafatnya siti khadijah 11 ramadhan
Wafatnya siti khadijah 11 ramadhan. Foto: istimewa
Siti Khadijah adalah istri pertama Rasulullah. Orang yang pertama kali beriman kepada Allah dan kenabian Rasulullah. Orang yang sangat berjasa bagi dakwah Rasulullah dan penyebaran agama Islam.

DutaIslam.Com - Siti Khadijah wafat pada hari ke-11 bulan Ramadhan tahun ke-10 kenabian, tiga tahun sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah. Khadijah wafat dalam usia 65 tahun, saat usia Rasulullah sekitar 50 tahun.

Diriwayatkan, ketika Khadijah Radhiyallahu ‘anha sakit menjelang ajal, Khadijah Radhiyallahu ‘anha berkata kepada Rasululllah SAW. "Aku memohon maaf kepadamu, Ya Rasulullah, kalau aku sebagai istrimu belum berbakti kepadamu".

Rasulullah Shallallahu `alaihi Wa Sallam menjawab "Jauh dari itu ya Khadijah. Engkau telah mendukung da'wah Islam sepenuhnya".

Baca: Kisah "Romantis" Nabi dengan Siti Khadijah

Kemudian Khadijah memanggil Fatimah Azzahra dan berbisik. "Fatimah putriku, aku yakin ajalku segera tiba, yang kutakutkan adalah siksa kubur. Tolong mintakan kepada ayahmu, aku malu dan takut memintanya sendiri, agar beliau memberikan sorbannya yang biasa untuk menerima wahyu agar dijadikan kain kafanku".

Mendengar itu Rasulullah Shallallahu `alaihi Wa Sallam berkata: "Wahai Khadijah, Allah menitipkan salam kepadamu, dan telah dipersiapkan tempatmu di Surga".

Siti Khadijah Radhiyallahu ‘anha pun kemudian menghembuskan nafas terakhirnya dipangkuan Rasulullah. Didekapnya istri Beliau itu dengan perasaan pilu yang teramat sangat. Tumpahlah air mata mulia Beliau.

Saat itu Malaikat Jibril turun dari langit dengan mengucap salam dan membawa lima kain kafan. Rasulullah menjawab salam Jibril dan kemudian bertanya, "Untuk siapa sajakah kain kafan itu, ya Jibril".

"Kafan ini untuk Khadijah, untuk engkau ya Rasulullah, untuk Fatimah, Ali dan Hasan jawab Jibril. Jibril berhenti berkata dan kemudian menangis" jawab Jibril Alaihis Salam.

Rasulullah bertanya, Kenapa, ya Jibril?

"Cucumu yang satu, Husain Radhiallahu anhu tidak memiliki kafan, dia akan dibantai dan tergeletak tanpa kafan dan tak dimandikan" sahut Jibril.

Rasulullah berkata di dekat jasad Khadijah,

"Wahai Khadijah istriku sayang, demi Allah, aku takkan pernah mendapatkan istri sepertimu. Pengabdianmu kepada Islam dan diriku sungguh luar biasa. Allah maha mengetahui semua amalanmu. Semua hartamu kau hibahkan untuk Islam. Kaum muslimin pun ikut menikmatinya. Semua pakaian kaum muslimin dan pakaianku ini juga darimu".

Wafatnya Siti Khadijah 11 Ramadhan


Namun begitu, mengapa permohonan terakhirmu kepadaku hanyalah selembar sorban? Tersedu Rasulullah mengenang istrinya semasa hidup.

Seluruh kekayan Khadijah diserahkan kepada Rasulullah untuk perjuangan agama Islam. Dua per tiga kekayaan Kota Mekkah adalah milik Khadijah. Tetapi ketika Khadijah hendak menjelang wafat, tidak ada kain kafan yang bisa digunakan untuk menutupi jasad Khadijah. Bahkan pakaian yang digunakan Khadijah ketika itu adalah pakaian yang sudah sangat kumuh dengan 83 tambalan diantaranya dengan kulit kayu.

Rasulullah kemudian berdoa kepada Allah.

"Ya Allah, ya Ilahi Rabbi, limpahkanlah rahmat-Mu kepada Khadijahku, yang selalu membantuku dalam menegakkan Islam. Mempercayaiku pada saat orang lain menentangku. Menyenangkanku pada saat orang lain menyusahkanku. Menentramkanku pada saat orang lain membuatku gelisah. Oh Khadijahku sayang, kau meninggalkanku sendirian dalam perjuanganku. Siapa lagi yang akan membantuku".

Tiba-tiba Ali Radhiallahu anhu berkata, Aku, Ya Rasulullah!

Baca: Saat Pemuka Yahudi Menyesal Karena Rindunya Kepada Nabi Tak Sampai

Peristiwa wafatnya Khadijah Radhiyallahu ‘anha itu sangat menusuk jiwa Rasulullah Shallallahu `alaihi Wa Sallam. Alangkah sedih dan pedih perasaan Rasulullah Shallallahu `alaihi Wa Sallam ditinggal orang yang sangat dicintai dan mendukung perjuangannya menegakkan Islam.

Semoga apa yang terjadi ini, menjadikan pembelajaran kita semua sehingga bisa bermanfaat bagi sesama umat Islam dan Negara Indonesia, amin. [dutaislam/ka]
Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB