Sunnah Nabi Tidur Sebelah Kanan
Cari Berita

Advertisement

Loading...

Sunnah Nabi Tidur Sebelah Kanan

Duta Islam #04
Jumat, 10 Mei 2019
Loading...

Penjelasan sunnah nabi tidur sebelah kanan (sumber: istimewa)
Islam sebagai way of life mengajarkan kepada umatnya berbagai permasalahan kehidupan. Islam tidak hanya mengatur urusan agama, juga mengatur kehidupan sosial masyarakat.

DutaIslam.Com - Pedoman utama umat Islam adalah al-Quran. Umat Islam menjadikan al-Quran sebagai standar nilai dalam menjalani kehidupan bermasyarakat. Kemudian selanjutnya kehidupan Nabi Muhammad SAW yang menjadi rule model bagi umat Islam. Sebab, Nabi Muhammad merupakan tuntunan dan suri tauladan yang agung.

Para ulama menilai perilaku dan tindak tanduk Rasulullah SAW sebagai sunnah. Mulai dari sholat, makan, berpakaian, sampai cara tidur jika bersumber dari Rasulullah termasuk dari sunnah nabi.

Baca: Pesan Rasulullah Menyambut Bulan Ramadhan

Dalam hal tidur, beliau mengajarkan kepada umatnya bahwa posisi tidur yang baik adalah miring ke kanan.

Diriwayatkan dari al-Barra bin Azib, Rasulullah bersabda :

“Apabila kamu hendak tidur maka berwudhulah (dengan sempurna) seperti kamu berwudhu untuk sholat, kemudian berbaringlah di atas sisi tubuhmu yang kanan.” (HR. Bukhari).

Anjuran tidur miring ke kanan sesuai sunnah nabi mengandung banyak hikmah dan manfaat. Di samping itu, tidur dengan posisi tersebut merupakan posisi yang tepat dan benar.

Ahli medis menilai tidur dengan posisi seperti yang dianjurkan nabi baik secara kesehatan. Pada posisi itu, jantung menahan beban yang lebih ringan dan kondisi liver juga statbil. Sebab, ukuran paru-paru sebelah kiri lebih kecil daripada paru-paru sebelah kanan.

Ketika seseorang tidur dengan posisi miring ke kana, kondisi lambung juga nyaman dan stabil. Kerja lambung dalam proses pengosongan menjadi semakin baik.

Posisi ini dapat memudahkan sekresi yang berupa cairan lendir pada bronkus (cabang paru-paru) sebelah kiri. Posisi bonkus yang salah seringkali menyebabkan pembengkakan pada paru-paru sebelah kiri yang diakibatkan penumpukan lendir.

Tidur dengan miring ke kanan merupakan salah satu metode pengobatan paling mutakhir dalam mengatasi pembengkakan tersebut.

Adapun manfaat tidur miring ke kanan sebagai berikut:

1. Mengistirahatkan otak kiri
2. Meringankan beban jantung
3. Mengistirahatkan lambung
4. Meningkatkan pengosongan kandung empedu dan pankreas
6. Menjaga kesehatan paru-paru dan saluran pernafasan
7. Meningkatkan waktu penyerapan zat gizi

Demikian manfaat tidur dengan miring ke kanan. Semoga bermanfaat agar tubuh tetap sehat. [dutaislam.com/in]

close
Banner iklan disini