Sikapi Perkembangan Setelah Pemilu, Ini Pesan Ulama PWNU Jatim
Cari Berita

Advertisement

Loading...

Sikapi Perkembangan Setelah Pemilu, Ini Pesan Ulama PWNU Jatim

Duta Islam #02
Senin, 20 Mei 2019
Loading...

Pengurus dan Masyayikh PWNU Jawa Timur.
DutaIslam.Com - Menyikapi perkembangan situasi pasca Pemilu (17 April 2019), dimana ada upaya-upaya yang membahayakan keutuhan NKRI. Para masyayikh NU Jatim pada hari Ahad, 19 Mei 2019 berkumpul dalam acara Silaturahmi dan buka bersama di Ponpes Bumi Sholawat, Sidoarjo.

Dalam Tausyiah Kebangsaan yang dibacakan oleh KH Agoes Ali Masyhuri, disepakati untuk bersama-sama mejarut persatuan dan persaudaraan antar sesama anak bangsa dan menolak apapun aksi yang mengarah pada upaya delegitimasi lembaga negara, dalam hal ini TNI, Polri, KPU, Bawaslu dan MK. Selain itu juga ajakan kepada masyarakat untuk menjaga persatuan, kesatuan dan kerukunan ditengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Para alim ulama ini juga menyatakan siap untuk melawan berbagai jenis hoax dan urban kebencian. Juga ajakan  untuk menghormati keputusan KPU dan dukungan kepada negara untuk menindak tegas semua bentuk ancaman keamanan dan ketertiban.

Baca: NU dan Muhammadiyah Sepakat Imbau Warganya Tak Ikut Aksi 22 Mei

Berikut ini isi lengkap SERUAN PENGURUS WILAYAH NAHDLATUL ULAMA (PWNU) JAWA TIMUR, Nomor: 206/PW/A-II/L/V/2019:

Assalamu’alaikum Wr. Wb. 
Bismillahirrahmanirrahim.

Dalam rangka menunaikan tanggung jawab moral dan sosial sebagai organisasi kemasyarakatan terbesar di Jawa Timur, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur merespon perkembangan situasi ketertiban sosial politik  2019 sebagai berikut:

1. Menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam suksesnya penyelengggaraan pemilu 2019, mulai dari KPU, Bawaslu, TNI, Polri dan seluruh rakyat Indonesia.

2. Memohon kepada warga masyarakat untuk bersabar atas hasil pemilu 2019 dengan menunggu keputusan resmi oleh KPU.

3. Menghimbau kepada warga masyarakat  Jawa Timur, khususnya warga Nahdlatul Ulama, untuk menjalani seluruh rangkaian penyelesaian proses pemilu melalui jalur hukum yang sah, termasuk menempuhnya cukup di Jawa Timur.

4. Menghimbau kepada seluruh pemangku kepentingan di negeri ini untuk segera bersama-sama membangun persatuan, ukhuwah dan solidaritas antar sesama anak bangsa, termasuk pembangunan di bidang ekonomi, pendidikan, budaya bangsa ke depan. 

Demikian seruan ini dibuat demi kebaikan dan kebajikan hidup bersama.

Wallahul muwaffiq ilaa aqwamith thoriq.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb. 

Surabaya, 14  Ramadhan 1440
19 Mei 2019.

Pengurus Wilayah
Nahdlatul Ulama Jawa Timur

[dutaislam.com/gg]
Loading...