Ini 6 Kegaduan di Medsos yang Pernah Dibikin Mustofa Nahrawardaya
Cari Berita

Advertisement

Ini 6 Kegaduan di Medsos yang Pernah Dibikin Mustofa Nahrawardaya

Duta Islam #03
Minggu, 26 Mei 2019
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Mustofa Nahrawardaya. Foto: Istimewa.
DutaIslam.Com - Koordinator IT BPN Prabowo Subianto, Mustofa Nahrawardaya, akhirnya ditangkap setelah ketahuan sebar hoaks terkait kerusuhan aksi 22 Mei, Ahad (26/05/2019). Mustofa telah tetapkan jadi tersangka.

Sebenarnya, bukan kali ini saja Mustofa bikin gaduh di media sosial. Melalui akun Twitternya @AkunTofa, Mustofa kerapa kali membuat postingan kontroversi dan tak jarang provokasi.

Baca juga: Sudah 8 Jam Lebih, Tagar #TangkapMustofaNahra Masih di Puncak Trending Topic

Dalam cacatan dutaislam.com, beberapa kegaduhan yang dibuat MUstofa sebagai berikut:

1. Politiasi Korban Teror New Zealand

Hari Sabtu Tanggal 16 Maret 2019, Mustofa Nahrawardaya ketahuan menggoreng peristiwa penembakan di New Zealand Selandia Baru. Mustofa menuduh, pendukung paslon nomor 01, Jokowi-Amin, tidak peduli dengan korban penembakan karena pelakunya bukan Muslim.

"Tak satu pun pendukung paslon kosong satu yang peduli dengan korban Muslim di New Zealand. Karena pelakunya bukan Muslim," ucap Mustofa.

2. Hina Istri Gus Dur

Hari Senin Tanggal 20 Juni 2016, Mustofa Nahrawardaya ketahuan bikin ulah melalui akun @tofalemon dan @MustofaNahra menghina Ibu Shinta Nuriyah Wahid, istri dari Presiden RI ke 4, K.H Abdurrahman Wahid. 

“Apa sudah habis umat ini, sehingga harus buka puasa di Gereja? Lama-lama dia gelar Slaat Jamaah Antar Iman, #BukadiGereja,” kicau akun @tofalemon dalam kultwitnya pada pukul 21.22, dengan menyertakan potongan berita Ibu Shinta yang diisukan diusir dari kegiatan Buka Bersama di sebuah Gereja di Semarang.

Detik.com mecatatar beberapa postingan Mustofa yang membuat gaduh di Media Sosial

3. #GelangKode

Mustofa sempat mencurigai gelang Susi Ferawati yang mengaku diintimidasi di CFD pada akhir April 2018. Gelang itu disebutnya sebagai #GelangKode.

Mustofa saat itu berada tak jauh dari lokasi saat Susi Ferawati ramai dikerubungi warga yang mengenakan kaus #2019GantiPresiden. Saat itu, Mustofa mengaku melihat ada beberapa orang memakai gelang yang sama.

Kemudian, Mustofa menyaksikan video viral terkait gesekan orang yang mengenakan kaus #2019GantiPresiden dan #DiaSibukKerja di YouTube. Satu hal yang disorotnya ialah penggunaan gelang kayu berwarna cokelat yang dipakai Fera dan beberapa orang lainnya saat gesekan terjadi.

Saat itu, Pengacara Fera, Muannas Alaidid, sudah menjelaskan gelang yang disebut sebagai #GelangKode oleh Mustofa. Gelang berbentuk biji-bijian berwarna cokelat gelap itu dibeli di Madinah. Ia juga menegaskan gelang itu tak ada hubungannya dengan kegiatan di CFD.

"Jadi kalau masalah gelang itu tanda munculnya kepanikan dia. Waktu saya tanya ke Bu Fera, dia beli gelang waktu umrah di Madinah. Kedua, dia tak saling mengenal dengan Pak Stedi atau korban yang dipersekusi juga di CFD itu," kata Muannas saat dihubungi, Kamis (03/05/2018).

4. Kaligrafi di Masjid Mirip Salib

Pada April 2018, Mustofa mencuit soal kaligrafi yang tertempel di tembok luar Masjid Al-Robithoh di Bandara Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang. Menurutnya, salah satu huruf yang terukir disebut ada yang mirip salib.

"Min @_TNIAU mohon kiranya agar logo mirip salib, dihilangkan. Tidak Pantas. Ini adalah Masjid di Kompleks Lanud Abdulrahman Saleh, Malang. Mumpung belum diresmikan, tks," kata Mustofa dalam cuitannya yang di-mention ke akun resmi TNI AU.


Keesokkan harinya, TNI AU melalui akun resminya membalas, jika kaligrafi yang disebut mirip salib sebenarnya adalah menara.

"Terima kasih, kaligrafi tsb membentuk bangunan masjid dan menaranya, dimana garis mendatar tsb maksudnya alas kubah menara. Airmin yakin Allah Maha Mengetahui niat baik umatNya. Kalau hal spt ini jd masalah, niscaya Masjid Istiqlal tdk akan berdiri krn arsiteknya non-muslim," cuit @_TNIAU.

5. Heboh Akun @MustofaNahra dan Saracen

Akun Twitter @MustofaNahra menjadi sorotan karena banyak cuitan yang berhubungan tentang Saracen. Saat dimintai konfirmasi detikcom, Mustofa Nahrawardaya membantah cuitan terkait Saracen itu ditulis oleh dirinya. Akun @MustofaNahra itu dulu memang miliknya, tapi kemudian dicuri.

"Termasuk akun @MustofaNahra, dan juga akun FB, IG, dan lain-lain, termasuk Apple ID. Pas kecurian, HP saya dalam kondisi nonaktif, saya tidak tahu penyebabnya. Sehingga sehari kemudian, saya pakai akun baru cadangan: @NetizenTofa. Saya sudah umumkan hilangnya akun tersebut, sejak awal 2017 menggunakan akun NetizenTofa maupun akun milik follower saya," kata Mustofa dalam pesan kepada detikcom, Selasa (29/08/2017).

Mustofa juga membantah dirinya terlibat dengan Saracen karena ramainya tweet @MustofaNahra tentang kelompok tersebut. "Nggak tahu sama sekali. Tapi akun @MustofaNahra menggiring opini seolah saya orang Saracen," katanya.

6. Menyoal Ma'ruf Amin Salat Sambil Duduk

Mustofa pernah menyoroti cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin yang salat dalam posisi duduk. Momen Ma'ruf salat dalam posisi duduk terjadi sebelum debat perdana Pilpres 2019, Kamis (17/1). Pada saat itu, Ma'ruf salat berjamaah di Masjid Istana bersama Joko Widodo (Jokowi) hingga Wapres Jusuf Kalla.

"Urusan dunia, kuat berdiri... #2019PrabowoPresidenRI," cuit Mustofa pada 20 Januari 2019.

Saat itu, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding balas menyentil Mustofa. Dia bilang unggahan Mustofa tersebut karena ketidaktahuan hukum Islam. [dutaislam.com/pin]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB