Habib Luthfi Paparkan Potensi Masjid Selain untuk Ibadah Shalat
Cari Berita

Advertisement

Habib Luthfi Paparkan Potensi Masjid Selain untuk Ibadah Shalat

Duta Islam #03
Jumat, 10 Mei 2019
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Rais 'Aam Idarah Aliyah Jam'iyyah Ahlit Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyah (JATMAN) Habib Luthfi bin Yahya menggelar pengajian di kediamannya, Selasa (07/05/2019) . Foto: Istimewa.
DutaIslam.Com - Rais 'Aam Idarah Aliyah Jam'iyyah Ahlit Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyah (JATMAN) Habib Luthfi bin Yahya menggelar pengajian di kediamannya, Selasa (07/05/2019) malam.  Di sela-sela pengajian yang membahas tentang shalat Jumat tersebut, Habib Luthfi memberi penilaian soal kondisi dan potensi masjid.

Menurut Habib Luthfi, peran masjid sekarang ini belum optimal, terutama dalam pemberdayaan masyarakat di sekitar masjid. "Masjid mesti bisa berperan aktif dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat atau jamaah melalui program yang strategis," katanya.

Habib Luthfi memberikan contoh, uang yang masuk masjid, misalnya, tidak seluruhnya atas nama waqaf dan sedekah jariyah. Uang masjid yang rata-rata jumlahnya besar bisa dimanfaatkan untuk pemberdayaan masyarakat sekaligus untuk kemakmuran masjid.

"Jika uang itu tidak diatasnamakan waqaf dan sedekah jariyah maka bisa digunakan untuk membentuk lembaga usaha atas nama masjid. Bentuknya bisa pertanian, bisa perdagangan, atau yang lainnya," katanya.

Selain itu, lanjut Habib Luthfi, masjid bisa mempunyai supermarket, minimarket yang hasil keuntungannya bisa digunakan untuk beasiswa pendidikan, santunan kesehatan, termasuk untuk perawatan dan pengembangan fasilitas masjid. Namun perlu dipisahkan, uang yang diterima sebagai waqaf dan jariyah serta uang yang arahnya pada pemberdayaan masyarakat tersebut.

Habib Luthfi bin Yahya juga mengingatkan bahwa umat bukan saatnya lagi ribut masalah khilafiyah seperti qunut, terawih 8 atau 20, hisab rukyah. "Seakan tema-tema seperti ini dijadikan alat untuk mencegah umat Islam untuk fokus memandang ke depan untuk kemajuan umat,” tegasnya. [dutaislam.com/pin]

Keterangan: Data diambil dari  NU Online berjudul: Ngaji Pasanan, Habib Luthfi Bahas Potensi Masjid dengan editing seperlunya dari Dutaislam.com.

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB