Bukti Gugatan Prabowo ke MK Lebih Sedikit Dibanding Tahun 2014. Provokasinya Lebih Banyak?
Cari Berita

Advertisement

Bukti Gugatan Prabowo ke MK Lebih Sedikit Dibanding Tahun 2014. Provokasinya Lebih Banyak?

Duta Islam #03
Sabtu, 25 Mei 2019

Prabowo Subiyanto. Foto: Istimewa.
DutaIslam.Com - Langkah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi untuk memenangkan sengketa hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK) tidak mudah dicapai. BPN perlu pembuktian yang cukup untuk meyakinkan Majelis Hakim atas dalil mereka.

Hal ini diungkapkan Pakar Hukum Tata Negara Ferry Amsari. Sementara alat bukti gugatan sengketa yang dibawa BPN ke MK, Jumat (24/2/2019), hanya membawa 51 alat bukti.

"Hanya dengan menghadirkan 51 alat bukti yang tentu saja sangat kecil sekali ya," katanya, Jumat (24/05/2019) dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: Habib Bahar bin Smith Ngaku Salah Telah Menganiaya Dua Remaja

Ferry melanjutkan, jika BPN menggunakan dalil yang berkaitan dengan persetujuan suara, maka untuk dapat mengubah pemenang pemilihan, Prabowo-Sandi harus mampu membuktikan tentang persetujuan suara mereka lebih dari suara Jokowi-Ma'ruf. Sementara berdasar hasil pemilu yang ditetapkan KPU, Jokowi-Ma'ruf unggul dengan 85,607.362 suara. Disetujui suara Prabowo-Sandi 68.650.239. Selisih suara perbedaan yaitu 16.957.123.

Menurut Ferry, membuktikan ini tidak mudah karena setidak-tidaknya dibutuhkan 100.000-200.000 TPS yang masing-masing TPS membutuhkan 100 suara yang harus dialihkan ke kubu Prabowo. Sehingga akan ada beralihnya 10 juta lebih suara dari kubu Jokowi menuju kubu Prabowo.

Melihat jumlah alat bukti yang dibawa BPN, Feri menduga karena itu Prabowo menggunakan dalil kecurangan pemilu terstruktur, masif, dan sistematis. Namun demikian, katanya, dalil tersebut juga tidak lantas memudahkan Prabowo-Sandi memenangkan sengketa.

"Ini juga tidak akan gampang, karena memang menjelaskan keterlibatan aparat penyelenggara pemilu, penyelenggara negara lainnya sehingga menguntungkan pihak 01, itu juga tidak mudah. Kalau ada pun, belum tentu kan jumlahnya itu akan memengaruhi hasil," kata Feri dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: Ketahuan Sebar Hoax, Hashtag #TangkapMustofaNahra di Puncak Trending Topic

Di sisi lain, jika dibanding tahun 2014, alat bukti yang dibawa Kubu Prabowo saat ini lebih sedikit. Kompas.com dalam berita tahun 2014 mencatat, alat bukti yang dibawah prabowo sebanyak 66 buah yang dijilid dalam tiga bundel berkas.

Tetapi jika dilihat dari gejolak yang terjadi, Pilpres 2019 lebih bergejolak dibanding Pilpres tahun 2014 lalu dengan pertarungan dua calon yang sama. Karena provokasinya lebih banyak?[dutaislam.com/pin]

close
Download Aplikasi Berkah Sahabat Beribadah