Bicara Ngalor Ngidul, Dahnil Azhar Disamakan Vicky Prasetyo
Cari Berita

Advertisement

Bicara Ngalor Ngidul, Dahnil Azhar Disamakan Vicky Prasetyo

Duta Islam #01
Jumat, 03 Mei 2019

Vicky Prasetyo. Foto: istimewa
Dutaislam.com - Dahnil Azhar mendapatkan sindiran dari Gus Nadir saat dia menulis twit yang tidak bisa dipahami karena penggunaaan kata-katanya yang sulit dipahami.

"Sikap stigmatisasi Islam garis keras dan mencemooh dg parodi, justru melebarkan dembarkasi, merusak makna kontestasi demokrasi dan menghalangi kohesi," demikian cuitan Dahnil di akun Twitternya, 29 April 2019.


Penelusuran Dutaislam.com di KBBI Online, cuitan Dahnil terindikasi menggunakan kalimat-kalimat tak bermakna meskipun seolah ilmiah. Kata dembarkasi misalnya, tidak ditemukan padanan katanya di kamus KBBI tersebut, kecuali embarkasi (pemberangkatan pesawat) dan demarkasi (batas pemisah).

Baca: Sapaan Buat Tuan Dahnil

Kata kohesi, yang bisa dimaknai sebagai hubungan yang erat, juga salah penempatan dalam susunan kalimat Dahnil. Pasalnya, kalimat kohesi harusnya dipasang dengan kelengkapan objek yang jatuh setelahnya. Bila hanya kohesi saja, maknanya tidak jelas.

Menanggapi cuitan tersebut, Prof. Nadirsyah Hosen mempertanyakan kualitas penggunaan bahasa Dahnil. Melalui akun Twitternya, Gus Nadir bertanya, "ni kenapa bro @Dahnilanzar bicaranya jadi kayak Vicky Prasetyo?" Tulisnya.

Baca: Soal Islam Nusantara, Pemuda Muhammadiyah: Simbol Umat Islam yang Kaya dengan Khazanah Pikir

Vicky dulu dikenal sebagai artis yang terkenal sangat bisa merayu perempuan-perempuan cantik dengan kalimat-kalimat ilmiah dan bombastis. Bukan karena kepintarannya ia berhasil merayu, tapi bualan kalimat yang sok ilmiah. [dutaislam.com/ab]

close
Download Aplikasi Berkah Sahabat Beribadah