Begini Tata Cara Shalat Tarawih: Mulai Niat, Bacaan Surat hingga Salam
Cari Berita

Advertisement

Begini Tata Cara Shalat Tarawih: Mulai Niat, Bacaan Surat hingga Salam

Duta Islam #04
Selasa, 07 Mei 2019

Penjelasan tata cara shalat tarawih (sumber: istimewa)
Shalat Tarawih merupakan salah satu amal ibadah sunnah yang dianjurkan di bulan Ramadhan. Shalat Tarawih dikerjakan setiap malam pada bulan Ramadhan.

DutaIslam.Com - Shalat Tarawih termasuk dari aktivitas menghidupkan malam Ramadhan. Sehingga, shalat Tarawih disebut juga ibadah qiyamu Ramadhan. Shalat Tarawih dapat dikerjakan secara berjamaan atau sendiri-sendiri. Namun, shalat Tarawih disunnahkan secara berjamaah.

Para ulama berbeda pendapat tentang jumlah rakaat shalat Tarawih. Sebagian ulama mengatakan jumlah rakaat shalat Tarawih sebanyak delapan rakaat. Dan ada pula yang berpendapat rakaat shalat Tarawih berjumlah dua puluh rakaat. Namun Sayidina Umar sendiri melaksanakan shalat Tarawih dua puluh rakaat dan diikuti ulama salaf seperti Imam Syafii.

Baca: Rakaat Tarawih Menurut 4 Imam Madzhab

Shalat Tarawih dilaksanakan setelah menunaikan ibadah shalat isya. Gerakan shalat Tarawih sama halnya dengan gerakan shalat lainnya. Perbedaannya terdapat pada pengucapan niat di dalam hati.

Adapun cara dimulai dengan niat dan diakhiri dengan salam. Shalat Tarawih dilaksanakan dua rakaat dengan salam. Artinya, jika shalat Tarawih dikerjakan sebanyak 20 rakaat, maka terdapat sepuluh kali salam.

Baca: Keutamaan Shalat Tarawih, Dari Tanggal 1-30 Ramadhan

Ketika hendak melaksanakan shalat Tarawih, pertama kali adalah niat, kemudian takbiratul ihram. Adapaun niat shalat Tarawih sebagai berikut

اُصَلِّيْ سُنَّةَ اْلتَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا| اِمَامًا لله تعالى

“Aku niat shalat tarawih dua rakaat dengan menjadi makmum/imam karena Allah Ta’ala.”

Setelah itu, dilanjut membaca surat, ruku, i'tidal hingga salam. Surat-surat yang dibacakan ketika shalat Tarawih tidak ada anjuran khusus secara syara'.

Di Indonesia, sebagian daerah ada yang membaca surat-surat pendek dimulai dari surah Al-Kautsar sampai Al-Lahab pada rakaat pertama. Lalu, pada rakaat kedua membaca surah Al-Ikhlas dari malam pertama sampai malam lima belas kemudian malam selanjutnya membaca surat al-Qadr.

Sebagaian daerah lain, ada pula yang setiap malam mentargetkan satu juz setiap melaksanakan shalat Tarawih. Sehingga, pada penghujung Ramadhan dapat menghatamkan Al-Quran selama menjalani ibadah shalat Tarawih. [dutaislam.com/in]

Artikel dutaislam.com

Demikian penjelasan Begini Tata Cara Shalat Tarawih: Mulai Niat, Bacaan Surat hingga Salam. Adapun Fadhilah Shalat Tarawih, silahkan baca di artikel berikutnya.

close
Download Aplikasi Berkah Sahabat Beribadah