Amalan Lailatul Qadar Ramadhan
Cari Berita

Advertisement

Loading...

Amalan Lailatul Qadar Ramadhan

Duta Islam #04
Jumat, 10 Mei 2019
Loading...

Penjelasan amalan lailatul qadar
Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa bagi umat Islam. Kehadiran malam lailatul qadar di bulan Ramadhan menambahkan kemulian bulan ini.

DutaIslam.Com - Allah SWT menjadikan malam lailatul qadar sebagai malam yang paling mulia. Kemulian malam ini ditandai dengan dilipatgandakannya pahala. Di samping itu, malam lailatul qadar dinilai lebih baik daripada seribu bulan. Luar biasa bukan?.

Oleh karena itu, umat Islam sangat mendambakan dapat meraih keutamaan malam lailatul qadar. Sehingga, mereka tidak akan menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk mendapatkan keutamaan malam lailatul qadar dengan beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca: Niat dan Tatacara Shalat Malam Lailatul Qadar

Rasulullah SAW mengajarkan kepada sahabatnya amalan agar dapat menjumpai malam lailatul qadar. Diriwayatkan dari sahabat Ibnu Abbas berupa hadits marfu', barang siapa yang membaca:

(لآ إِلهَ إِلَّا اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ رَبِّ السَّموَاتِ السَّبْعِ وَرَبِّ الْعَرْشِ اْلعَظِيْمِ (ثَلَاثَ مَرَّاتٍ

Maka dia akan mendapat pahala seperti ibadahnya orang saleh di waktu turunnya lailatul qadar.

Riwayat lain dari Abu Abbas mengatakan, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Barangsiapa sholat di malam Lailatul Qodar dua rakaat, yang tiap rakaatnya membaca surat al-Ikhlas sebanyak 7 kali setelah fatihah, kemudian setalah salam, membaca أَسْتَغْفِرُ اللهَ وَاَتُوْبُ إِلَيْهِ sebelum kaki beranjak dari tempat shalat. Maka, Allah akan mengampuni dosanya dan dosa kedua orang tuanya sebelum dia berdiri dari duduknya. Dan, Allah mengutus malaikat untuk membangunkan gedung di surga dan dia tidak akan meninggal dulu sebelum melihat tempatnya di surga.

Niat shalat

أُصَلِّي سُنَّةَ الْمُطْلَقِ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

Baca: Usholli sunnatal Mutlaki fi lailatil qodri rok’ataini lillhi ta’ala.

Artinya: "Aku berniat sholat mutlak dua rokaat untuk menemui Lailatul Qodar karena Allah Ta'ala.

Demikian Amalan lailatul Qadar Ramadhan. Semoga kita dapat dipertemukan dengan malam lailatul qadar.[dutaislam.com/in]

close
Banner iklan disini