Agar Puasa Tetap Sehat, Ini 5 langkah yang Harus Kamu Lakukan
Cari Berita

Advertisement

Agar Puasa Tetap Sehat, Ini 5 langkah yang Harus Kamu Lakukan

Duta Islam #04
Rabu, 01 Mei 2019

Penjelasan 5 langkah sehat saat berpuasa (sumber: istimewa)
Selama bulan suci Ramadhan, umat Islam berkewajiban menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Mereka tidak makan dan minum sepanjang mulai terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari.

DutaIslam.Com - Pada saat menjalani  ibadah puasa Ramadhan, terkadang stamina tidak full seperti hari-hari biasanya. Rasa kantuk, lesu dan badan terasa lemas kerapkali mengiringi orang yang sedang berpuasa. Akibatnya, ada yang berdampak terhadap menurunnya produktivitas kerja sehari-hari.

Kondisi demikian merupakan tantangan dan rintangan tersendiri bagi umat Islam. Puasa bukanlah menjadi halangan untuk beraktivitas. Namun, puasa justru sebagai pendorong berkreativitas.

Untuk melewati rintangan dan tantangan selama bulan Ramadhan, umat Islam harus melakukan upaya-upaya menajaga kesehatan tubuh. Dengan kondisi fisik yang fit, puasa optimal dan kerja lancar. Berikut tips agar tetap sehat dan semangat beraktivitas saat berpuasa.

1. Tidak berlebihan saat berbuka puasa

Kondisi fisik dapat kurang maksimal ketika beraktivitas adalah berlebihan saat berbuka. Keadaan perut kenyang membuat lamban dan malas beribadah. Gimana mau shalat taraweh kalau perut penuh?

Terlebih lagi, keadaan perut selama siang harinya kosong, yang dapat mengakibatkan menumpuknya gas berlebih atau asam lambung yang meningkat secara drastis. Ketika berbuka berlebihan, maka efeknya dapat mengakibatkan sakit perut atau akan membuat kantuk.

2. Tidak berlebihan saat berbuka sahur

Makan sahur bernilai ibadah dan mengandung keberkahan. Sebab, makan sahur merupakan asupan gizi untuk bekal menjalani puasa di siang hari. Namun, sebaiknya tidak berlebihan ketika makan sahur.

Makan dengan lauk sayur atau ikan juga dengan porsi yang secukupnya. Agar kondisi tubuh selama buasa tetap sehat dan bugar.

3. Perbanyak makanan berserat

Pola makan saat berpuasa harus tetap diperhatikan agar tetap sehat. Ketika sahur, memakan makanan yang berserat termasuk langkah menjaga pola makan sehat. Misalnya, makan buah, sayuran, dan biji-bijian saat sahur itu sangat bagus.

Jenis makan ini dapat membantu melancarkan pencernaan di tubuh. Dan, hindari, makun sahur dengan menu bersantan. Makanan berat justru dapat menyebabkan meningkatnya asam lambung.

4. Berolahraga ringan

Olangraga dapat menjaga kebugaran tubuh ketika sedang berpuasa. Dengan berolahraga, tubuh tetap beraktivitas dan meningkatkan metabolisme tubuh. Olahraga ringan seperti berjalan kaki, atau bersepeda santai menjadi opsi yang baik saat menjalani ibadah puasa.

5. Minum air putih

Tubuh manusia membutuhkan asupan 2 liter atau 8 gelas air dalam sehari. Asupan air secara lancar dan teratur agar tubuh tidak mengalami dehidrasi saat berpuasa. Sebab, jika mengalami dehidrasi selama berpuasa, akan berakibat menurunnya semangat untuk berakivitas. [dutaislam.com/in]

Artikel dutaislam.com

Demikian penjelasan Agar Puasa Tetap Sehat, Ini 5 langkah yang Harus Kamu Lakukan. Adapun 5 Tips Sukses Ibadah Ramadhan, silahkan baca di artikel berikutnya.

close
Download Aplikasi Berkah Sahabat Beribadah