Ada Ulama Budha-Tionghoa Ikuti Ijtima' Ulama' III
Cari Berita

Advertisement

Loading...

Ada Ulama Budha-Tionghoa Ikuti Ijtima' Ulama' III

Duta Islam #01
Kamis, 02 Mei 2019
Loading...


Dutaislam.com - Ijtima' ulama yang diplesetkan oleh Netizen dengan istilah guyonan istinja' itu, menuai kontroversi di beberapa tempat dan media sosial. Salah satunya adalah tercepretnya seorang non-muslim (istilah yang ditolak minhum), hadir sebagai peserta, yang terlihat dalam foto tidak mengikuti teriakan tangan terkepal seperti jamaah di belakangnya.

Baca: Ulama NU Tolak Ijtima Ulama, Wasekjen PBNU Kemukakan Tiga Alasan

Tidak diketahui, di posisi apa dia, dalam pertemuan Ijtima' tersebut. Namun, setelah setelah ditelusuri, nama tersebut adalah Lieus Sungkharisma atau Li Xue Xiung, seorang beragama Budha, yang pada Pilpres 2014 sempat mendukung Jokowi menjadi presiden.

Lieus Sungkharisma dalam foto di Ijtim'a Ulama III
Menurut Wikipedia, Lieus Sungkharisma lahir di Cianjur pada 11 Oktober 1959, dan pernah menjabat sebagai Ketua Umum Partai Reformasi Tionghoa Indonesia (PARTI), Wakil Bendahara Depinas SOKSI (Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia) 1986 - 1991.

Baca: Pamflet Ijtima Ulama III Catut Bendera NU

Ia juga menjadi Ketua di DPP AMPI (Angkatan Muda Pembaruan Indonesia) dan DPP KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia), Ketua Umum Generasi Muda Buddhis Indonesia (Gemabuddhi) tahun 1985, Ketua Perhimpunan Pengusaha Tionghoa DKI Jakarta dan Ketua Umum Multi Culture Society sekaligus Vice President The World Peace Committee.Ia juga mengelola Tabloid Naga Post.

Oleh Wikipedia, Lieus Sungkharisma yang merupakan tokoh ulama Budha Indonesia itu disebut-sebut sebagai aktivis sosial kemasyarakatan berdarah Tionghoa-Indonesia. [dutaislam.com/ab]

close
Banner iklan disini