5 Makna Kata Amin, Ini yang Benar (dalam Doa dan Shalat)
Cari Berita

Advertisement

Loading...

5 Makna Kata Amin, Ini yang Benar (dalam Doa dan Shalat)

Duta Islam #06
Jumat, 17 Mei 2019
Loading...

makna amin dalam doa dan shalat

Dutaislam.com - Makna kata amin (ada yang menulis aaamin) sangat bermacam-macam. Tergantung konteksnya. Tapi semuanya ada dalam bahasa Arab.

Setidaknya ada 5 makna kata "Amin" dalam bahasa Arab, yang Anda harus mengetahuinya jika hendak mengucapkannya dalam doa. Berikut ini:

1. أَمِيْنٌ (a: pendek, min: panjang), artinya "orang yang amanah atau terpercaya" atau "orang jujur/terpercaya".

2. أَمِنٌ (a: pendek, mi: panjang, nun: dommatain), artinya "orang yang dalam kondisi aman".

Baca: Gubug Reot Tempat Ngaji Ini Lahirkan Santri-santri Handal Pembaca Kitab Kuning

3. أٰمِنْ (a: panjang, min: pendek), artinya "berimanlah" atau "berilah jaminan keamanan".

Ketika shalat, kita tidak boleh membaca "Amin" dengan dua cara baca di atas.

4. آمِّيْنَ (a: panjang 5 harakat, mim: bertasydid, dan min: panjang), artinya "orang yang bermaksud menuju suatu tempat".

Ada sebagian ulama yang memperbolehkan membaca “Amin” dalam shalat dengan bentuk bacaan semacam ini. Demikian keterangan Al-Wahidi. Imam An-Nawawi mengatakan, “Ini adalah pendapat yang sangat aneh.

Baca: Dalil Dzikir Berjamaah Setelah Shalat

Kebanyakan ahli bahasa menganggapnya sebagai kesalahan pengucapan orang awam. Beberapa ulama mazhab (mazhab Syafi’i) mengatakan, "Siapa saja yang membaca ‘Amin’ dengan model ini dalam shalatnya maka shalatnya batal". (At-Tibyan fi Adab Hamalatil Qur’an, hlm. 134).

4. أٰمِيْنَ (a: panjang 2 harakat karena mengikuti mad badal, min:panjang 4–6 harakat karena mengikuti mad ‘aridh lis sukun, dan nun dibaca mati), artinya "kabulkanlah".

Inilah bacaan “Amin” yang benar secara maknawi dan tajwidi dalam doa dan shalat. Demikian 4 makna kata amin dalam tinjauan bahasa Arab. [dutaislam.com/uf]

close
Banner iklan disini