3 Keutamaan Berdo'a di Waktu Ramadhan
Cari Berita

Advertisement

3 Keutamaan Berdo'a di Waktu Ramadhan

Duta Islam #07
Selasa, 28 Mei 2019
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
hadits tentang doa di bulan ramadhan
Keutamaan waktu berdoa di bulan ramadhan. Foto: istimewa
Ada tiga keutamaan waktu terkabulnya doa di bulan suci ramadhan. Seperti halnya "raihlah keutamaan tersebut dengan terus memperbanyak doa".

DutaIslam.Com- Ibnu Katsir rahimahullah dalam tafsirnya menganjurkan untuk memperbanyak do’a ketika bulan suci ramadhan, bahkan diperintahkan memperbanyak do’a tersebut di setiap kali berbuka puasa. (Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim, 2: 66).

Perihal Ramadhan adalah bulan do’a berdasarkan hadits dari Jabir bin ‘Abdillah RA, Rasulullah SAW bersabda:

”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a, akan dikabulkan.” (HR. Al Bazaar. Al Haitsami dalam Majma’ Az-Zawaid, 10: 14, Jami’ul Ahadits, 9: 224)

Baca: Hukum Membalikkan Telapak Tangan Ketika Berdoa

Ada tiga waktu utama terkabulnya do’a di bulan ramadhan:

1- Waktu sahur

Dari Abu Hurairah RA, Nabi SAW bersabda:
“Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758). Ibnu Hajar juga menjelaskan hadits di atas dengan berkata, “Do’a dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan.” (Fath Al-Bari, 3: 32).

Hadits Tentang Do'a di Bulan Ramadhan


2- Saat berpuasa

Dari Abu Hurairah RA, Nabi SAW bersabda:
“Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad 2: 305)

3- Ketika berbuka puasa

Nabi saw bersabda:
“Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi no. 2526, 3598 dan Ibnu Majah no. 1752)

Baca: [Kerja dan Doa] Hujan Turun Begitu KH Nawawi Banten Doa Jawa di Depan Ka'bah

Semoga Allah memperkenankan setiap do’a kita di bulan suci ramadhan ini dan kita bisa mensucikan diri kita...Aamiin Yaa Rabb. [dutaislam/ka]
Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB