Syarat Wajib dan Rukun Puasa Ramadhan

Syarat Wajib dan Rukun Puasa Ramadhan

Rabu, 10 April 2019 | x dibaca
Penjelasan syarat dan rukun puasa ramadhan (sumber: istimewa)
Puasa secara bahasa adalah al-imsak (menahan diri). Sedangkan secara istilah adalah menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa dengan ketentuan-ketentuan khusus.

DutaIslam.Com - Umat Islam diwajibakan menjalankan ibadah puasa Ramadhan ketika sudah masuk awal bulan Ramadhan. Puasa Ramadhan dimulai ketika melihat hilal sebagai tanda masuknya bulan Ramadhan atau dengan menggenapkan 30 hari bulan Sya'ban kalau hilal tidak kelihatan.

Dalam kitab at-Tahdzib fi Adillah Matni al-Ghoyah wa Taqrib dijelaskan, Puasa Ramadhan dibebankan kepada umat Islam yang telah memenuhi kriteria menurut syariat. Syarat wajib puasa Ramadhan terdapat empat hal. Yakni, Islam, baligh, berakal dan mampu menjalankan ibadah puasa.

(وشرائط وجوب الصيام أربعة أشياء : (الإسلام، والبلوغ، والعقل؛ والقدرة على الصوم)

"Syarat wajib puasa ada empat hal. Yakni, Yakni, Islam, baligh, berakal dan mampu menjalankan ibadah puasa."

Ulama fikih menjelaskan ketentuan syarat wajib puasa Ramadhan berdasarkan  dalil-dalil naqli. Mereka mengambil istinbat dari al-Quran dan hadis nabi Muhammad SAW.

Kewajiban puasa Ramadhan bagi umat Islam berlandaskan pada Surat al-Baqarah ayat 183 dan 185. Kemudian Surat al-Baqarah ayat 184 menjelaskan tentang syarat mampu menjalankan ibadah puasa. Lalu, syarat baligh dan berakal termaktub dalam hadis Bukhori dan Muslim ( at-Tahdzib fi Adillah Matni al-Ghoyah wa Taqrib, 102).

Sedangkan fardhu atau rukun Puasa Ramadhan ada 4 hal. Pertama menahan diri dari makan. Kedua tidak minum. Ketiga tidak melakukan hubungan badan dan Keempat tidak menyegaja muntah.

Imam Abi Syuja' dalam kitab Matnu al- Ghoyah wa Taqrib menjelaskan:

فرائض الصوم أربعة أشياء النية والإمساك عن الأكل والشرب والجماع وتعمد القيء

"Fardhunya Puasa Ramadhan ada empat hal. Yakni, tidak makan dan minum, tidak melakukan hubungan badan dan tidak menyegaja muntah." [dutaislam.com/in]

Artikel dutaislam.com

Demikian penjelasan Syarat wajib dan Rukun Puasa Ramadhan. Adapun 5 Tips Puasa Ramadhan Ala Rasulullah SAW, silahkan baca di artikel berikutnya.

TerPopuler