Polres Jombang Ingatkan Bahaya Komunitas Royatul Islam (KARIM)
Cari Berita

Advertisement

Polres Jombang Ingatkan Bahaya Komunitas Royatul Islam (KARIM)

Duta Islam #02
Jumat, 05 April 2019

Sekelompok anak-anak muda memakai kaos Royatul Islam. (Foto: istimewa)
DutaIslam.Com - Polres Jombang mengingatkan tentang bahayanya Komunitas Royatul Islam (KARIM) yang bergerak di kalangan anak muda dan pelajar Sekolah Menengah Umum (SMU) setelah dibubarkannya Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Hal tersebut diketahui dalam surat Kapolres Jombang yang beredar dengan nomor R/129/III/IPP.1.3.9/2019 tertanggal 29 Maret 2019, perihal: Bahaya Komunitas Royatul Islam.

Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto menjelaskan, KARIM gerakannya sama dengan HTI tetapi tidak menyebut HTI.

"Tujuannya tetap tegaknya Khilafah, dan yang menarik dari KARIM yaitu politik simbol HTI sebagai identitas bersama," ujar Fadli dalam surat tersebut, yang beredar diterima Dutaislam.com, Jum'at (05/04/2019).

Pihaknya mengatakan, KARIM membawa legitimasi bendera tauhid sebagai simbol tegaknya khilafah islamiyah ala HTI, namun pola gerakannya berbeda dengan sebelumnya.

"Jika GEMA Perubahan bermain di ranah kampus, KARIM akan bermain di ranah SMU dan komunitas anak muda yang haus akan keislaman yang tertarik dengan iming-iming heroisme Islam," jelasnya.

Fadli juga menjelaskan, KARIM membuka cabang di kota-kota besar, dan kegiatan mereka bukan hanya liqo' dan kajian, tetapi sudah tadabbur alam, dan aksi-aksi sosial.

"Mereka akan mengejar kesukaan anak-anak muda dengan bermain simbol anak hody, topi tauhid, dan romantisme 1924 ketika khilafah hancur," ungkap Fadli.

"Tujuan yang dibangun dengan pola tersebut adalah ideologi khilafah islamiyah, dimana menjadi muslim yang kaffah belu terjadi jika sistem masih buatan thoghut dan harus Islam yang memimpin dalam sistem khilafah Islamiyah," imbuhnya.

Oleh sebab itu, Polres Jombang meminta agar mewaspadai gerakan KARIM dan meningkatkan pengawasan terhadap aktivitas siswa pada sekolah-sekolah SMU. [dutaislam.com/gg]

close
Download Aplikasi Berkah Sahabat Beribadah