Pentingya Mempelajari Asbabun Nuzul

Pentingya Mempelajari Asbabun Nuzul

Senin, 08 April 2019 | x dibaca
Penjelasan pentingnya asbabun nuzul dalam memahami Al-Quran. (Sumber: istimewa)
Dewasa ini, kelompok tertentu sering mendengungkan jargon kembali kepada Quran. Kelompok ini berkeinginan agar umat Islam merujuk langsung pada Al-Quran dalam beribadah. Mereka mengabaikan ijtihad para ulama terdahulu.

DutaIslam.Com - Dengan jargon tersebut, seringkali mereka dengan mudah menyalahkan kelompok lain yang dinilai tidak sepaham dengan pemikiran mereka. Alasannya sederhana, menurut mereka apa yang dilakukan kelompok tersebut tidak ada di dalam al-Quran.

Padahal, kalau dikaji dengan seksama dan mendalam, kelompok tersebut telah sesuai dengan tuntunan al-Quran. Pemahaman al-Quran yang luas akan menghantarkan produk pemikiran yang komprehensif, tidak mudah menyerang orang lain.

Jargon kembali ke al-Quran jika tidak dibarengi dengan keilmuan yang matang, justru akan menjadi bumerang tersediri. Dan efeknya adalah mudah menyalahkan, bahkan cenderung loyal mengafirkan kelompok yang lain.

Maka, memahami al-Quran tidak seperti membalikkan telapak tangan. Memahami tentang al-Quran perlu adanya piranti atau pengantar dalam memahaminya. Jika tidak punya piranti, bisa saja akan memahami ayat al-Quran secara serampangan.

Kesulitan pertama adalah bahasa kesusteraan al-Quran yang tinggi. Sehingga, masyarakat Arab yang kesehariannya berbahasa Arab, banyak yang kesulitan memahami al- Quran. Terlebih lagi umat Islam Indonesia, yang bahasa ibunya bukan bahasa Arab.

Di samping itu, al-Quran sebagai wahyu Allah mempunyai nilai suci. Namun, al-Quran bukan hanya dokumen sejarah atau pedoman hidup bagi seluruh manusia, melainkan sebagai mitra dialog dalam menyelesaikan problematika sosial kemasyarakatan. Maka, mengajak dialog, mengkaji sekaligus mengamalkan al-Quran merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam.

Mengkaji serta memahami kandungan al-Quran merupakan salah satu tuntutan mendasar bagi umat Islam. Mengkaji serta memahami nilai dan petunjuk-petunjuk yang terkandung dalam Qur‟an perlu kerja penafsiran. Tafsir sebagai suatu ilmu adalah satu perangkat atau pendekatan untuk memahami konsep dan ajaran al-Quran secara tepat.

Untuk memahami al-Quran secara tepat, diperlukan sejumlah pengetahuan yang terkait dengan pembahasan tentang metode dalam menafsirkan Quran. Salah satu perangkat tersebut adalah pengetahuan tentang asbabun nuzul.

Asbab nuzul adalah suatu peristiwa yang menjelaskan latar belakang sejarah yang menyebabkan diturunkannya ayat-ayat al-Quran. Dengan mengetahui latar peristiwa dari diturunkannya al-Quran, para penafsir sangat terbantu dalam memberikan interpretasi terhadap suatu ayat dalam kaitannya dengan suatu masalah atau problem yang ingin dipecahkan.

Oleh karena itu, para ulama menyebutkan bahwa untuk mengetahui tafsir sebuah ayat secara baik, maka niscaya untuk mengetahui terlebih dahulu kisah dan latar belakang diturunkan ayat tersebut. Suatu keniscayaan untuk mengetahui asbab al-nuzul suatu ayat sebelum menafsirkan dan menyimpulkan maknanya.

Imam al-Wahidi menegaskan pentingnya mengetahui asbabun nuzul sebelum menafsiri al-Quran.

لا يمكن معرفة تفسير الأية دون الوقوف على قصتها وبيان نزولها

“Seorang tidak akan mengetahui tafsir (maksud) dari suatu ayat tanpa berpegang pada peristiwa dan konteks turunnya ayat (Jalalud Din as-Syuyuti, Lubâb an-Nuqul fi Asbabin Nuzul, 1971).

Maka, mengetahui asbabun nuzul adalah hal yang sangat urgen bagi seseorang yang memahami al-Quran. Dengan begitu, ia mampu melihat konteks suatu ayat. Sehingga, ia tidak salah mengambil kesimpulan dari al-Quran. [dutaislam.com/in]

Artikel dutaislam.com

Demikian penjelasan Pentingya Mempelajari Asbabun Nuzul. Adapun Tipologi dan Fungsi Asbabun Nuzul, silahkan baca di artikel berikutnya.

TerPopuler