Niat Puasa Ramadhan Menurut 4 Madzhab Fikih
Cari Berita

Advertisement

Niat Puasa Ramadhan Menurut 4 Madzhab Fikih

Duta Islam #04
Rabu, 24 April 2019
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Penjelasan niat puasa ramadhan menurut empat madzhab (sumber: istimewa)
Kapan seorang yang berpuasa melakukan niat puasa Ramadhan? Pertanyaan ini sering kali ditanyakan masyarakat umum. Sebab, tidak sedikit orang yang masih bingung saat kapan pelaksanaan niat puasa Ramadhan.

DutaIslam.Com - Kehati-hatian seseorang bertanya tentang niat merupakan hal yang sangat wajar. Sebab, niat menjadi penentu sah dan tidaknya suatu ibadah.

Ketentuan ini telah dijelaskan ulama fikih di berbagai literatur kitab salaf. Para ulama menjelaskan bahwa niat tergolong ke dalam syarat sahnya ibadah puasa. Artinya, jika ibadah puasanya tidak dibarengi niat di malam harinya, maka puasa yang dijalaninya menjadi tidak sah secara syara'.

Lantas, dalam pengucapan niat puasa Ramadhan (di hati) apakah harus ada pengkhususan setiap malamnya atau tidak?. Jumhur ulama mengatakan wajib tiap hari puasa di bulan Ramadhan harus ada satu niat khusus tersendiri dan tidak diperknankan niatnya sekaligus untuk 30 hari ke depan. Berbeda dengan madzhab malikiyah yang memberbolehkan niat puasa untuk satu bulan penuh di malam pertama bulan Ramadhan.

Jumhur ulama menggmbarkan kewajiban niat puasa Ramadhan dilaksanakan umat Islam setiap malamnya. Artinya, umat Islam harus melakukan niat pada setiap malam ketika hendak berpuasa besoknya. Satu niat hanya berlaku untuk puasa sekali, yakni puasa di pagi harinya.

Argumen jumhur ulama adalah karena setiap hari berpuasa merupakan ibadah tersendiri. Satu hari dengan hari lainnya terhitung sendiri-sendiri. Hal itu juga berlaku ketika seseorang yang batal puasanya di suatu hari, maka hari-hari yang lainnya tidak ikut batal. Hal itu, menurut jumhur ulama, merupakan bukti bahwa masing-masing hari itu adalah ibadah yang terpisah-pisah dan tidak satu paket yang menyatu.

Imam as-Sarakhsi dalam kitab al-Mabsuth menjelaskan, tiap hari puasa membutuhkan niat tersendiri. Beliau merupakan salah satu ulama Madzhab Hanafiyah (w. 483 H).


أن صوم كل يوم عبادة على حدة ألا ترى أن فساد البعض لا يمنع صحة ما بقي وأنه يتخلل بين الأيام زمان لا يقبل الصوم، وهو الليل، وإن انعدمت الأهلية في بعض الأيام لا يمنع تقرّر الأهلية فيما بقي فكانت بمنزلة صلوات مختلفة فيستدعي كلّ واحد منهما نيةً على حدة

"puasa tiap harinya merupakan satu ibadah yang berdiri sendiri. Bukankah batalnya sebagian itu tidak menghalangi bagian yang lain? Dan diantara har-hari itu terselip masa yang tidak boleh berpuasa yaitu malam. Bila hilang ahliyah pada sebagian hari tidak menghalangi ahliyah di bagian yang lain. Maka hari-hari puasa itu seperti shalat-shalat yang berbeda. Tiap satu hari puasa membutuhkan satu niat tersendiri".

Imam Ibnu Qudamah dari Madzhab Hanabilah mengatakan dalam kitab al-Mughni, wajib melakukan niat pada tiap malamnya. Sebab, satu hari dengan hari lainnya tidak saling merusak.

ولنا أنه صوم واجب فوجب أن ينوي كل يوم من ليلته، كالقضاء. ولأن هذه الأيام عبادات لا يفسد بعضها بفساد بعض ويتخللها ما ينافيها

"Bagi kami itu adalah puasa wajib maka wajib berniat untuk tiap hari pada malamnya seperti puasa qadha'. Dan karena hari-hari ini merupakan ibadah yang tidak saling merusak satu dengan lainnya, dan diselingi hal-hal yang menghalanginya".

Sedangkan Imam Nawawi dalam kitab al-Majmu' Syarah al-Muhadzdzab menjelaskan, kewajiban niat puasa Ramadhan dilakukan tiap malamnya. Imam Nawawi adalah seorang pembesar Madzhab Syafi'i.


تجب النية كل يومٍ سواء رمضان وغيره وهذا لا خلاف فيه عندنا فلو نوى في أول ليلةٍ من رمضان صوم الشهر كله لم تصح هذه النية لغير اليوم الأول

"Wajib niat untuk tiap-tiap hari, baik Ramadhan atau lainnya. Tidak ada perbedaan pendapat dalam mazhab kami. Bila seseorang berniat di awal malam Ramadhan untuk puasa sebulan penuh, niatnya tidak sah kecuali hanya untuk niat malam pertama saja".

Berbeda dengan kalangan Madzhab Malikiyah. Di dalam madzhab malikiyah, tidak ada kewajiban niat dilakukan setiap malamnya. Madzhab Malikiyah memperbolehkan niat puasa satu kali untuk satu bulan penuh.

Ulama Madzhab Malikiyah berpendapat bahwa tidak ada dalil nash yang mewajibkan niat setiap malam. Bahkan menurut mereka, Surat al-Baqarah ayat 185 secara jelas memerintahkan untuk berniat puasa itu untuk satu bulan secara langsung, tidak diniatkan setiap harinya.

فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

“…Siapa diantara kalian yang menyaksikan bulan (Ramadhan), maka berpuasalah...” (QS. al-Baqarah: 185)

Dalam pandangan ulama Madzhab Malikiyah, ayat di atas menjelaskan bawah ketika seseorang melihat bulan (Ramadhan), maka baginya untuk berpuasa. Penyebutan kata bulan di dalam Surat al-Baqarah ayat 185 mengisyaratkan sebuah rentan waktu. Sehingg, menurut Madzhab Malikiyah berpuasa sejak hari awal hingga hari terakhir dalam bulan itu merupakan sebuah paket ibadah yang menyatu.

Imam Ibnu Abdil Bar dalam kitab al-Kafi fi Fiqhi Ahlil Madinah menjelaskan, niat puasa Ramadhan cukup dilakukan pada awal puasa dan tidak harus mengulanginya di setiap harinya.

فتجزئه النية في أول ذلك كله دون تجديد نية لكل ليلة منه عند مالك

"Dibolehkan niat pada awalnya saja tanpa harus memperbaharui niat pada tiap malamnya menurut Imam Malik".

Perbedaan pandangan ulama fikih terkait pelaksanaan niat puasa Ramadhan merupakan keberkahan bagi umat Islam. Maka, terkadang kita menyaksikan pada hari pertama puasa, malah harinya orang-orang melafadzkan niat untuk satu bulan penuh. Akan tetapi mereka tetap melakukan niat puasa tiap malamnya. [dutaislam.com/in]

Artikel dutaislam.com

Demikian penjelasan Niat Puasa Ramadhan Menurut 4 Madzhab Fikih. Adapun 5 Tips Sukses Ibadah Ramadhan, silahkan baca di artikel berikutnya.

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB