Manfaat Mempelajari Asbabun Nuzul
Cari Berita

Advertisement

Loading...

Manfaat Mempelajari Asbabun Nuzul

Duta Islam #04
Selasa, 09 April 2019
Loading...

Penjelasan manfaatn mempelajari asbabun nuzul (sumber: istimewa)
Para ulama telah banyak memaparkan manfaat mempelajari ilmu asbab nuzul. Asbabun nuzul merupakan salah satu perantara seseorang dalam memahami ayat al-Quran.

DutaIslam.Com - Dengan mengetahui asbabun nuzul suatu ayat, dapat terbantu menguak makna ayat al-Quran. Pemahaman ayat dengan melihat sebab turunnya ayat al-Quran dapat menghasilkan pemahaman yang utuh. Sebab, ia paham konteks turunnya suatu ayat al-Quran.

Para ulama terdahulu sering mengalami kesulitan dalam menafsirkan ayat al-Quran. Dikatakan, hal itu karena mereka belum mengatahui sebab turunnya ayat. Akan tetapi, setelah memahami ilmu asbabun nuzul, para ulama semakin mudah dalam menafsirkan dan menjelaskan ayat al-Quran.

Dalam kitab al-Quran fi al-Islam, Syekh Muhammad Husain Ath-Thabathaba'i menjelaskan, ilmu asbabun nuzul sangat penting dalam membantu memahami ayat al-Quran. Sebab, mengetahui sebab turunnya aya al-Quran dapat mempermudah sedeorang dalam menggali makna al-Quran, bahkan menyingkap rahasia di dalamnya.

Mempelajari ilmu asbabun nuzul sangat bermanfaat bagi seseorang yang hendak memahami al-Quran. Asbabun nuzul mempunyai manfaat yang besar dalam mempermudah menggali makna ayat al-Quran. Di antara manfaat mempelajari ilmu asbabun nuzul sebagai berikut:

1. Mengetahui hikmah diberlakukannya suatu hukum

Asbabun nuzul berkaitan dengan kejadian langsung turunnya suatu ayat. Secara tidak langsung, asbabun nuzul menjelaskan latar belakang berlakunya suatu hukum. Sehingga, seseorang yang mengetahui asbabun nuzul suatu ayat, ia dapat mengerti alasan suatu hukum diberlakukan.

Orang yang mempelajari ilmu asbabun nuzul, ia tidak hanya paham terjemah ayat al-Quran. Akan tetapi, paham tentang hikmah di balik diberlakukannya suatu hukum.

2. Mengetahui substansi ayat al-Quran

Dalam kajian ilmu ma'anil Quran, ayat al-Quran ada yang bersifat temporal dan universal. Ilmu asbabun nuzul dapat memudahkan untuk mengidentifikasi substansi makna al-Quran. Dengan memahami sebab turunnya ayat, seseorang dapat mengetahui sasaran dari ayat al-Quran.

Sperti yang diketahui, ayat al-Quran tidak hanya membincang permasalah agama atau hukum Islam, tapi juga memuat sejarah tentang peradaman di zaman rasulullah. Pemahaman tentang asbabun nuzul ayat sangat diperlukan agar tidak terjadi kesalahan dalam memahami maksud suatu ayat.

3. Mempermudah dalam mempelajari al-Quran

Pengetahuan tentang asbabun nuzul sangat membantu dalam memahami ayat al-Quran. Dengan mengetahui sebab turunya ayat, seorang mufassir dapat menggali maksud dari ayat al-Quran. Tanpa mempunyai dasar pengetahuan tentang asbabun nuzul, orang akan kesulitan dalam menggali makna al-Quran.

Imam al-Wahidi menjelaskan, makna suatu ayat akan mudah dipahami jika mengetahui sebab yang berkaitan dengan turunnya ayat tersebut. Dengan mengetahui asbabun nuzul ayat, seorang akan terbantu dalam menemukan makna dari setiap ayat al-Quran. Sehingga, seorang mufassir dapat menyelami makna al-Quran dengan sebaik-baiknya.

4. Mengetahui pengkhususan suatu hukum 

Asbabun nuzul ayat merupakan pengantar dalam menyelami makna al-Quran secara komprehensif. Seseorang yang mengetahui latar belakang turunnya ayat, akan dengan mudah mengidentifikasi antara ayat yang bersifat khusus dan umum. Karena, tidak sedikit ayat al-Quran berkaitan dengan peristiwa atau kejadian yang khusus. Kemudian, hukum yang terkadung dalam ayat tersebut juga bersifat khusus.

Maka, pemahaman tentang asbabun nuzul dapat membantu dalam
memberikan pemahaman yang tepat, apakah hukum dalam ayat tersebut khusus berkaitan dengan peristiwa turunnya suatu ayat atau tidak. Sehingga, asababun nuzul mampu mengungkap kekhususan hukum yang terkandung dalam al-Quran. [dutaislam.com/in]

Artikel dutaislam.com

Demikian penjelasan Manfaat Mempelajari Asbabun Nuzul. Adapun Pentingya Mempelajari Asbabun Nuzul, silahkan baca di artikel berikutnya.

Loading...