Hoax Atas Nama Hasil Hitung KPU di Daerah Ini Dibongkar Gus Ulil
Cari Berita

Advertisement

Hoax Atas Nama Hasil Hitung KPU di Daerah Ini Dibongkar Gus Ulil

Duta Islam #02
Jumat, 19 April 2019

Hoax atas nama KPU menyebar.
DutaIslam.Com - Hoax tak berhenti pada masa kampanye. Pada proses hitung suara setelah coblosan seperti hari-hari inipun hoax masih beredar. Menurut Ulil Abshar Abdalla (Gus Ulil), hoax ini sengaja disebarkan untuk mengacaukan publik.

"Saya terima pesan yg saya yakin hoax ttg hasil rekap KPU seperti di bawah. Ini info yg sengaja disebarkan untuk mengacaukan publik," ujar Gus Ulil melalui akun twitternya @ulil, Jum'at (19/04/2019) sambil melampirkan scrennshot berikut:

Gambar pertama hoax.
Hasil cek Gus Ulil di situs KPU (pertama).
Menjelaskan gambar di atas, Gus Ulil mengatakan bahwa gambar pertama adalah hoax, sedangkan gambar kedua adalah hasil pengecekannya di situs KPU.

"Sebetulnya ada kejanggalan lain dlm info hoax ini," tandas Gus Ulil.

Tak berhenti sampai di situ, Gus Ulil kemudian mencoba mengecek situs KPU lagi, dan angka hasil hitungan di daerah tersebut sudah keluar, tapi tetap angkanya berbeda dengan hoax yang sengaja disebarkan tadi.

"Saya cek lagi di situs KPU dalam bagian "hitung suara" dan saya cek di TPS bersangkutan, dan hasilnya tidak seperti dalam info hoax yg disebarkan itu," kata Gus Ulil melampirkan gambar berikut:
Gambar Hoax.
Hasil cek Gus Ulil lagi (kedua).
Hasil cek Gus Ulil lagi.
"1. Gambar hoax itu. 2, 3. Gambar skrinsyutan hasil saya ngecek lagi di situs KPU," imbuh Gus Ulil menjelaskan gambar. [dutaislam.com/gg]


close
Banner iklan disini