Hoaks Gelora Bung Karno Tampung 1 Juta Jamaah Monaslimin di Kampanye Prabowo
Cari Berita

Advertisement

Hoaks Gelora Bung Karno Tampung 1 Juta Jamaah Monaslimin di Kampanye Prabowo

Duta Islam #03
Rabu, 10 April 2019
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Kampanye Prabowo di Gelora Bung Karno, Ahad (07/04/2019). Foto: Istimewa.
DutaIslam.Com - Kubu Prabowo-Sandi mengklaim kampanye akbar yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu 7 April sebagai kampanye terbesar sepanjang perhelatan pemilihan presiden 2019.

Klaim jumlah peserta kampanye akbar itu kemudian beredar di media. Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, mengklaim bahwa ada 1 juta orang yang menghadiri kampanye tersebut.

"Lautan manusia pagi ini, saya haru biru, sudah hadir lebih dari satu juta yang ke GBK," kata Sandi saat menyampaikan sambutannya dalam kegiatan tersebut,” kata Sandiaga terharu seperti ditulis CNNIndonesia.

Angka satu juta pendukung yang hadir kembali disinggung Prabowo dalam orasinya. Ia bertanya pada panitia, "Berapa dihitung yang hadir?" Prabowo kemudian menyampaikan berdasarkan isyarat tangan panitia, "Satu juta!"

Pemeriksaan Fakta
Direktur Utama Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Winarto, mengatakan, Stadion Utama Gelora Bung Karno dapat menampung 78 ribu kursi. Selain kursi, di SUGBK juga terdapat lapangan rumput dan trek altetik yang luasnya 13 ribu meter persegi.

Sementara, untuk luas ringroad di luar SUGBK yang biasa digunakan jogging adalah 5.000 meter persegi. “Untuk daya tampungnya, Winarto menjelaskan tergantung asumsi jumlah orang pada hitungan meter,” kata Winarto kepada Jitunews.

Untuk menghitung perkiraan daya tampung, Tempo menggunakan bantuan MapChecking, sebuah alat untuk memeriksa jumlah maksimum orang yang dapat berada di suatu daerah.

Hasilnya, dengan luas permukaan seluruh ruang di Gelora Bung Karno yang mencapai 66006.77 meter persegi dan per meter perseginya diisi oleh 7 orang, maka diperkirakan daya tampung maksimum GBK mencapai 462.047 orang. Klik di sini untuk melihat penghitungan tools ini di sini.

Asumsi ini adalah yang tertinggi, mengingat mustahil ada tujuh orang yang bisa menempati dalam ruang berukuran satu meter persegi.

Dengan alat yang sama, Tempo mengukur daya tampung dengan asumsi massa membludak hingga ke jalan lingkar stadion GBK.

Hasilnya, dengan luas permukaan seluruh ruang di Gelora Bung Karno yang mencapai 66.006,77 persegi dan per meter perseginya diisi oleh 7 orang, maka diperkirakan daya tampung maksimum GBK mencapai 572.890 orang.

Kesimpulan
Dari perhitungan maksimum itu klaim yang menyebutkan bahwa massa kampanye akbar di GBK mencapai 1 juta orang adalah berlebihan. Klaim ini keliru. [dutaislam.com/pin]

Source: cekfakta.tempo.co

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB