Cerita Kiai Said Gedongan Bertemu Rasulullah
Cari Berita

Advertisement

Cerita Kiai Said Gedongan Bertemu Rasulullah

Duta Islam #04
Minggu, 14 April 2019

Suasana di maqbaroh Kiai Said Gedongan (sumber: istimewa)
DutaIslam.Com - Kiai Said Gedongan terkenal sebagai sosok kiai Cirebon yang mempunyai kesitiqamahan yang luar biasa. Salah satu keistiqamahan beliau adalah tidak pernah meninggalkan ngaji bersama para santri.

"Siapapun yang bertamu saat Kiai Said muruk (mengajar), tidak akan ditemui sampai selesai ngajinya," tutur KH. Wawan Arwani saat memberikan mauidzhoh di acara haul KH. Muhammad Said Gedongan ke 88, Cirebon, Sabtu (13/04/19) malam.

Kiai Wawan, yang juga keturun Kiai Said menceritakan, suatu hari seorang Resident Belanda mendatangi kediaman Kiai Said di Gedongan. Pada waktu itu, beliau sedang mengajar kitab hadist.

Kiai Said tidak menemui Resident Belanda tersebut hingga selesai mengajar para santri. Melihat respon Kiai said seperti itu, sang resident pun merasa kesal dan sempat protes kepada beliau.

"Jare kiai iku kiai ngormati tamu. Tapi kenapa saya datang ke sini untuk ketemu kiai, tidak ditemui" kata kiai wawan ketika menceritakan ucapan residen kala itu.

Mendengar protes dari sang resident, kata kiai wawan, Kiai Said menjelaskan kalau ia sedang bertemu dengan orang yang paling terhormat (Red, Nabi Muhammad SAW).

"Ya Allah, Kiai Said muruk hadist. Karena itu, beliau luar biasa hudur dateng kanjeng Nabi Muhammad SAW," terang Kiai yang menjabat Rais Syuriah PCNU Cirebon tersebut. [dutaislam.com/in]

close
Download Aplikasi Berkah Sahabat Beribadah