Berita Liputan6 Dibikin Hoax Menangkan Prabowo, Liputan6 Klarifikasi
Cari Berita

Advertisement

Loading...

Berita Liputan6 Dibikin Hoax Menangkan Prabowo, Liputan6 Klarifikasi

Duta Islam #02
Kamis, 11 April 2019
Loading...

Berita Liputan6
DutaIslam.Com - Berita Liputan6.com soal pemungutan suara di luar negeri yang berlangsung aman disebarkan oleh seseorang di grup WA dengan memberikan penjelasan hoax.

Penjelasan hoax tersebut berupa hasil pemungutan suara di beberapa negara yang mayoritas dimenangkan oleh Prabowo. Berikut screenshot sebaran hoax tersebut yang diterima Dutaislam.com, Rabu (10/04/2019).


Mengetahui hal tersebut Redaksi Liputan6 merilis berita berjudul "Berita Liputan6.com soal Pencoblosan di Luar Negeri Dicatut untuk Hoaks" Rabu (10/04/2019).

Namun versi Liputan6, hoaks tersebut dibuat dalam dua versi. Satu berisi hasil sementara pencoblosan yang memenangkan pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin. Lainnya, hasil sementara pencoblosan di luar negeri yang memenangkan pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Keterangannya, hasil perhitungan itu disebutkan berasal dari pencoblosan di Saudi Arabia, Yaman, Belgia, Jerman, Uni Emirat Arab, USA, Ukraina, Papua Nugini, Taiwan, Hong Kong dan Korea Selatan.

Kedua versi menampilkan hasil perhitungan kedua paslon menang di atas 50 persen.

Wakil Pemimpin Redaksi Liputan6.com, Irna Gustiawati menyayangkan penyalahgunaan artikel tersebut untuk hoaks.

"Liputan6.com sebagai media yang selalu menjaga kepercayaan publik akan berkomitmen menulis berita sesuai fakta dan ikut serta melawan hoaks yang makin marak," kata Irna. [dutaislam.com/gg]

Loading...