5 Keutamaan Bulan Ramadhan
Cari Berita

Advertisement

5 Keutamaan Bulan Ramadhan

Duta Islam #04
Sabtu, 06 April 2019
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

Keutamaan bulan Ramadhan (sumber: istimewa)
Bulan Ramadhan merupakan momentum terbukanya ampunan dan kasih sayang Tuhan. Bulan ini mempunyai keistimewaan serta kelebihan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

DutaIslam.Com - Di bulan Ramadhan, Allah SWT mengamparkan ribuan keutamaan beribadah kepadaNya. Umat Islam sudah sepatutnya mengejar keutamaan itu di setiap ibadahnya. Fadhilah yang diturunkan Allah SWT di bulan Ramadhan menjadi pendorong agar umat Islam bersemangat dalam mencari ridha ilahi.

Suatu kesempatan yang sangat berharga  bagi umat Islam. Kesempatan untuk meraih keridhaan Allah SWT terbuka lebar di bulan Ramadhan. Setiap muslim mempunyai peluang yang sama dalam meraihnya.

Maka, tidak heran kalau bulan suci Ramadhan sangat dirindukan kedatangannya oleh umat Islam. Semangat menyambut kedatangan bulan Ramadhan, nampak terlihat betul dari ghiroh syiar Islam umat Islam. Semarak tadarus al-Quran, majlis ilmu, semangat berbagi, qiyam lail dan sebagainya begitu menggema di bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan menjadi ladang amal salehb umat Islam. Keberkahan dan pahala dilipatgandakan serta jaminan diampuninya dosa hingga seperti bayi yang baru lahir. Begitu dahsyatnya keutamaan Bulan Ramadhan.

Apa yang menjadi keistimewaan Bulan Ramadhan? Sehingga Allah SWT memuliakan bulan ini. Laqob "Sayyidus Syhur" juga disematkan kepadabbulan Ramadhan. Simak 5 keutamaan bulan Ramadhan berikut ini:

1. Bulan diturunkannya al-Quran

Allah SWT memberikan keistimewaan kepada Bulan Ramadhan, karena merupakan bulan diturunkannya al-Quran. Sebagaimana dijelaskan dalam Surat al-Baqarah ayat 185, al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad di bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan merupakan syahrul Quran. Hal itu menjadi bukti yang jelas atas keutamaan dan keistimewaan bulan Ramdhan.

Al-Quran adalah pedoman serta pegangan hidup umat Islam. Sehingga, bulan diturunkannya al-Quran menjadi bulan yang istimewa dan pilihan.

2. Malam lailatul qodar

Malam lailatul qodar dinisbatkan sebagai malam yang lebih mulia dari seribu bulan. Kemulian tersebut karena merupakan malam turunnya al-Quran secara ijmali dari lauh al-mahfudz ke baitul 'izza.

Pada malam lailatul qodar, para malaikat turun ke bumi dengan membawa rahmat Allah SWT.  Kemuliaan dan keberkahan senantiasa menyelimuti malam lailatul qodar. Anugerah yang besar bagi setiap orang yang dapat merasakan rahmat Allah di malam itu.

Umat Islam berlomba-lomba menjumpai malam lailatul qodar.  Sebagian ulama berpendapat malam lailatul qodar jatuh di sepuluh hari terakhir Ramadhan. Sehingga, umat Islam bertambah giat dalam beribadah di sepeluh hari terakhir tersebut.

3. Bulan maghfirah

Bulan Ramadhan menjadi lahan amal untuk menambah pundi-pundi kebaikan dengan beribadah. Allah SWT telah menjadikan bulan Ramdhan sebagai bulan penuh ampunan dan rahmat.

Hadist Nabi Muhammad SAW menjelaskan, bahwa Bulan Ramadhan merupakan fasilitas untuk meraih maghfiroh Allah SWT. Setelah satu tahun banyak melakukan dosa dalam kesehariannya, Bulan Ramadhan menjadi momentum menghapuskan dosa-dosa yang telah lalu.

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Siapa berpuasa Ramadhan dengan keimanan dan mengharap pahala, diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Bulan penuh keberkahan

Momentum bulan Ramadhan sebagai bulan ampunan dan rahmat merupakan keberkahan tersendiri bagi umat Islam. Hal yang paling kecil di bulan Ramadhan bernilai ibadah. Hingga bau tidak sedapnya orang tidur di bulan Ramadhan lebih wangi daripada minyak misik di sisi Allah SWT.

Setiap amal ibadah di bulan Ramadhan dilipatgandakan pahalanya lebih banyak lagi. Di samping itu, banyak ibadah atau amalan yang hanya di bulan Ramadhan.

5. Pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup

Di bulan Ramadhan, pintu surga dibuka selebar-lebarnya. Sedangkan, pintu neraka ditutup serapat-rapatnya. Syaitan-syaitan pun dibelenggu hingga berkahirnya bulan Ramadhan.

Keberkahan bulan Ramadhan merupakan keistimewaan umat Nabi Muhammad SAW.  Maka,  sangat disayangkan bila Ramadhan datang, tetapi tidak dimanfaatkan dengan baik. 

Di bulan Ramadhan, sudah seharusnya umat Islam meningkatkan ibadahnya demi meraih ridha ilahi dan maghfirah-Nya. [dutaislam.com/in]

Artikel dutaislam.com

Demikian penjelasan 5 Keutamaan Bulan Ramadhan. Adapun 5 Amalan Utama di Bulan Ramadhan, silahkan baca di artikel berikutnya.


Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB