Tafsir Surat al-Zalzalah, Keguncangan Bumi

Tafsir Surat al-Zalzalah, Keguncangan Bumi

Selasa, 26 Maret 2019 | x dibaca
Kandungan Surat al-Zalzalah (sumber: istimewa)
Kandungan Surat al-Zalzalah membincang tentang kegoncangan bumi. Kegoncangan bumi merupakan salah satu peristiwa alam yang menandakan kekuasaan Allah SWT.

DutaIslam.Com - Surat al-Zalzalah termasuk surat madaniyah yang berjumlah delapan ayat. Surat al-Zalazah bermakna goncangan, diambil dari ayat pertama.

Surat al-Zalzalah mengisahkan peristiwa alam yang hebat, yakni kegoncangan bumi. Peristiwa tersebut terjadi pada saat hari kiamat tiba. Pada waktu itu, manusia mengalami kebingungan yang amat sangat. 

Mereka menunggu untuk dihisab amal perbuatannya ketika hidup di dunia.
Ketika goncangan dahsyat itu tiba,  bumi menguarkan segala isinya. Batu-batu berterbaran, dan gunung-gunung berhamburan.

Manusia dibangkitkan kembali untuk diadili atas segala perbuatannya. Sebagian meraka ada masuk pada kelompok penerima kebaikan dan ada pula yang menerima keburukan.

Melihat fenomena tersebut, manusia bertanya-tanya kenapa terjadi guncangan yang hebat. Keadaan sekeliling mereka hancur lebur, tanpa ada yang tersisisa. Fenomena ini terekam dalam Surat al-Zalzalah ayat 3.

وَقَالَ الْإِنْسَانُ مَا لَهَا

Dan manusia bertanya, "Mengapa bumi (jadi begini)?” (Az-Zalzalah: 3)

Ayat di atas menggambarkan kondisi manusia yang merasa bingung dan  keheranan. Sebab, mereka belum pernah menyaksikan fenomena yang maha dahsyat seperti itu. Padahal, bumi sebelumnya begitu tenang dan kokoh di atas permukaan.

Singkat kata, bumi bergerak-gerak dengan begitu kerasnya hingga kandungan perut bumi berhamburan. Saat itu, terjadi gempa bumi yang begitu besar dan dahsyat.

Pada hari itu, manusia dikeluarkan dari perut bumi dalam keadaan berbeda-beda. Keadaan mereka sesuai dengan amal perbuatan yang telah dilakukannya ketika hidup di dunia. Amal perbuatan sebesar dzarah pun akan dibalas kelak di hari kiamat nanti, baik amal perbuatan buruk maupun perbuatan baik.

Intisari Kandungan Surat al-Zalzalah

Ayat pertama dalam Surat al-Zalzalah membincang gempa yang melanda bumi. Ayat kedua menerangkan fenomena yang terjadi akibat adanya guncangan di muka bumi.

Dijelaskan dalam ayat kedua, bumi akan mengeluarkan matrial-matrial yang ada di perut bumi. Matrial-matrial itu mencakup segala benda yang ada, termasuk manusia.

Lalu ayat ketiga menggambarkan kondisi manusia yang kebingungan ketika melihat fenomena tersebut. Mereka merasa keheranan dan bertanya-tanya apa yang terjadi di bumi? Goncangan begitu dahsyat hingga bumi memuntahkan isi perutnya.

Kegelisahan manusia tidak berlangsung lama karena segera terjawab melalui ayat empat.  Pertanyaan serta kegelisahan manusiamanusia terjawab melalui ayat 4 dan 5. Di dalam ayat tersebut dijelaskan goncangan tersebut merupakan kuasa Tuhan. Allah SWT telah memerintahkan kepada bumi lewat isyarat.

Akhir Surat al-Zalzalah membincang balasan perbuatan yang telah dikerjakan di dunia. Perbuatan sekecil apapun akan dibalas pada hari itu. Orang yang berlimpah amal kebaikannya akan dibalas dengan kenikmatan surgawi yang tiada tara. Pun demikian sebaliknya.[dutaislam.com/in]

Artikel dutaislam.com

Demikian penjelasan Tafsir Surat al-Zalzalah, Keguncangan Bumi. Adapun Asbabun Nuzul Surat Al-Ashr, 4 Kriteria Orang yang Tidak Merugi, silahkan baca di artikel berikutnya.

TerPopuler