Tafsir Ayat Tanda-Tanda Orang Munafik Menurut Ahli Tafsir
Cari Berita

Advertisement

Tafsir Ayat Tanda-Tanda Orang Munafik Menurut Ahli Tafsir

Duta Islam #04
Rabu, 06 Maret 2019

Ilustrasi munafik. (Foto: istimewa)
Para ulama telah membahas tentang kriteria munafik di berbagai kitab salaf. Dalam pembahasannya, para ulama berlandaskan ayat-ayat Al-Quran dan Hadis Nabi.

DutaIslam.Com - Setidaknya, ada puluhan ayat yang berbicara tentang kemunafikan. Namun, penulis di sini hanya membahas beberapa ayat yang berkaitan dengan term munafik di dalam Al-Quran. 

Surat an-Nisa: 47 dan Surat al Baqarah: 65 menjelaskan orang munafik dengan sebuah perumpamaan. Surat an-Nisa: 47 menggambarkan orang munafik seperti orang yang memalingkan mukanya ke belakang. Sedangkan, Surat al-Baqarah: 65 menggambarkan orang munafik ibarat orang yang berhati kera.

Sebagian ahli tafsir memandang bahwa maksud berhati kera dalam Surat al-Baqarah ayat 65 sebagai suatu perumpamaan. Artinya, Perilaku mereka dianggap seperti kera, karena tidak mengindahkan sebuah nasihat dan peringatan, bahkan mengacuhkannya.

Pendapat di atas berbeda dengan pendapat Jumhur mufassir. Dalam hal ini, jumhur mufassir menilai orang-orang tersebut benar-benar berubah menjadi kera, Hanya tidak beranak, tidak makan dan minum, dan hidup
tidak lebih dari tiga hari.

Ayat lain yang menjelaskan tentang kemunafikan adalah Surat at-Taubah: 67-68. Ayat ini turun berkenaan dengan sejumlah orang yang bertempat tinggal di Makkah. Mereka menampakkan minat atau menyatakan diri memeluk Islam, padahal selama ini mereka membantu kaum musyrik Makkah. 

Mereka meninggalkan mekah munuju Medinah untuk satu keperluan. Mereka mengharapkan dengan kedatangan ke Medinah dan berpura-pura menampakkan minat memeluk Islam, mereka akan disebut dan tidak akan mendapat gangguan dari umat Islam. Pada wak itu, terjadi silang pendapat di antara orang-orang mukmin. 

Menurut Quraish Shihab, ayat di atas menjelaskan karakter orang munafik. Pada titik ini, orang-orang yang beriman seyogyanya sudah menyadari perihal hal tersebut. Tidak wajar lagi ada yang menjadi perantara untuk membela mereka yang salah, atau menghalangi menindak yang melanggar. Oleh sebab itu, di sini kaum mukmin yang berbeda pendapat tentang bagaimana menghadapi kaum munafik itu dikecam oleh Allah dengan firman-Nya di atas.

Surat an-Nisa: 143 juga membincang tentang karakter orang munafik. Musthofa al-Maraghi menjelaskan bahwa, orang-orang munafik kelak akan ditempatkan di neraka paling bawah.

مذبذبين بين ذلك لا إلى هؤلاء ولا إلى هؤلاء ومن يضلل الله فلن تجد له سبيلا

"Mereka dalam keadaan terombang-ambing antara yang demikian tidak kepada golongan ini dan tidak (pula) kepada golongan itu. Barang siapa yang sesatkan Allah, maka engkau sekali-kali tidak akan mendapat jalan untuknya (QS. An-Nisa:143).

Menurut Musthafa Al-Maraghi, Bahwa ayat di atas mengandung tiga tipologi manusia yang diancam Allah SWt:

Pertama, Orang-orang munafik yang mengikuti Allah secara rahasia. Kedua, Orang-orang yang hatinya terdapat penyakit, sehingga mereka menyakiti orang-orang mukmin. Ketiga, Orang-orang yang suka membuat geger atau rusuh dan menyakiti nabi SAW. [dutaislam.com/in]

Artikel Dutaislam.com

Demikianlah penjelasan tentang Tafsir Ayat Tanda-Tanda Orang Munafik Menurut Ahli Tafsir. Adapun Tafsir Ayat Tanda-Tanda Orang Munafik, Khianat dan Ingkar Janji, silahkan baca dalam artikel di bawah ini.

close
Download Aplikasi Berkah Sahabat Beribadah